Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android Hadir Perdana di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Kompas.com - 12/08/2021, 08:05 WIB
Ilustrasi fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android yang hadir pertama kali di Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3. SamsungIlustrasi fitur transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Android yang hadir pertama kali di Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan duo ponsel lipat Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 dalam ajang "Galaxy Unpacked" yang digelar secara virtual, Rabu (11/8/2021) malam.

Melalui acara tersebut, perusahaan asal Korea Selatan itu turut mengumumkan bahwa riwayat percakapan (chat history) WhatsApp di iPhone kini bisa dipindahkan dengan cepat, mudah, dan aman ke kedua ponsel lipat terbaru Samsung.

Sebelumnya, menurut keterangan di situs WhatsApp, pemindahan riwayat percakapan WhatsApp antar platform sendiri (Android ke iOS dan sebaliknya) tidak dapat dilakukan.

Pengguna sebenarnya bisa saja memindahkan riwayat percakapan mereka dari Android ke iOS atau sebaliknya, tapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga dan menghubungkan ponsel Android dan iPhone di PC yang sama.

"Untuk pertama kalinya di smartphone Android, pengguna kini bisa memindahkan seluruh pengalaman WhatsApp, termasuk riwayat percakapan dan foto, dari iPhone lama ke ponsel Galaxy teranyar mereka," kata perwakilan Samsung dalam gelaran Galaxy Unpacked.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Product Manager WhatsApp, Sandeep Parachuri, mengatakan bahwa transfer chat history antar platform merupakan salah satu fitur yang telah lama dinanti oleh para pengguna aplikasi tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa Itu PM, PC, VC, VN, dan TC yang Sering Dipakai di Obrolan WhatsApp?

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kini pengguna bisa memindahkan riwayat percakapan WhatsApp mereka secara aman dari satu platform ke platform lain," ujar Sandeep.

Transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 dilakukan dengan aplikasi Smart Switch di smartphone dan PC. iPhone dan ponsel lipat Samsung dihubungkan ke PC yang sama dengan kabel hingga proses transfer selesai.

Ke depan, fitur transfer chat history WhatsApp antar platform ini rencananya akan dihadirkan di lebih banyak ponsel Samsung yang menjalankan sistem operasi Android 10 ke atas.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 3 Resmi, Layar Mini Lebih Lebar dan Tahan Air

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Tech Radar
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.