Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Transfer Chat WhatsApp dari iPhone ke Android Hadir Perdana di Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3

Kompas.com - 12/08/2021, 08:05 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Tech Radar

KOMPAS.com - Samsung resmi meluncurkan duo ponsel lipat Galaxy Z Fold3 dan Galaxy Z Flip3 dalam ajang "Galaxy Unpacked" yang digelar secara virtual, Rabu (11/8/2021) malam.

Melalui acara tersebut, perusahaan asal Korea Selatan itu turut mengumumkan bahwa riwayat percakapan (chat history) WhatsApp di iPhone kini bisa dipindahkan dengan cepat, mudah, dan aman ke kedua ponsel lipat terbaru Samsung.

Sebelumnya, menurut keterangan di situs WhatsApp, pemindahan riwayat percakapan WhatsApp antar platform sendiri (Android ke iOS dan sebaliknya) tidak dapat dilakukan.

Pengguna sebenarnya bisa saja memindahkan riwayat percakapan mereka dari Android ke iOS atau sebaliknya, tapi harus menggunakan aplikasi pihak ketiga dan menghubungkan ponsel Android dan iPhone di PC yang sama.

"Untuk pertama kalinya di smartphone Android, pengguna kini bisa memindahkan seluruh pengalaman WhatsApp, termasuk riwayat percakapan dan foto, dari iPhone lama ke ponsel Galaxy teranyar mereka," kata perwakilan Samsung dalam gelaran Galaxy Unpacked.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Product Manager WhatsApp, Sandeep Parachuri, mengatakan bahwa transfer chat history antar platform merupakan salah satu fitur yang telah lama dinanti oleh para pengguna aplikasi tersebut.

Baca juga: Apa Itu PM, PC, VC, VN, dan TC yang Sering Dipakai di Obrolan WhatsApp?

"Kami dengan bangga mengumumkan bahwa kini pengguna bisa memindahkan riwayat percakapan WhatsApp mereka secara aman dari satu platform ke platform lain," ujar Sandeep.

Transfer chat WhatsApp dari iPhone ke Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 dilakukan dengan aplikasi Smart Switch di smartphone dan PC. iPhone dan ponsel lipat Samsung dihubungkan ke PC yang sama dengan kabel hingga proses transfer selesai.

Ke depan, fitur transfer chat history WhatsApp antar platform ini rencananya akan dihadirkan di lebih banyak ponsel Samsung yang menjalankan sistem operasi Android 10 ke atas.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 3 Resmi, Layar Mini Lebih Lebar dan Tahan Air

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Tech Radar


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com