Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Download Twibbon HUT RI Ke-76 Berikut Cara Pakainya

Kompas.com - 12/08/2021, 09:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Semarak hari ulang tahun ke-76 Republik Indonesia (HUT RI) juga sampai di ranah maya. Pengguna media sosial seperti Facebook dan Twitter beramai-ramai mengubah foto profil mereka dengan tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI.

Foto profil dengan tema HUT ke-76 Kemerdekaan RI itu bisa dibuat dengan menggunakan Twibbon. Banyak template Twibbon HUT ke-76 RI yang bisa dipakai sebagai foto profil di akun-akun media sosial.

Twibbon bisa di download dan dipakai secara gratis, bahkan tak perlu repot-repot untuk mendaftar (sign up). Anda juga bisa membuatnya hanya dengan berbekal ponsel atau komputer/laptop.

Baca juga: Cara Download Sertifikat Vaksin dari PeduliLindungi.id untuk Syarat Masuk Mall

Twibbon HUT RI ke-76

Link download Twibbon HUT RI ke-76 sudah banyak tersedia di situs Twibbon dan menjadi trending di situs twibbonize.com.

Kata kunci yang bisa dipakai untuk mencari link download Twibbon HUT RI ke-76 termasuk "HUT RI ke 76", "HUTRI", "Hari Kemerdekaan Republik Indonesia", dan "Kibarkan Bendera Merah Putih".

Berikut KompasTekno berikan rekomendasi enam link template Twibbon HUT RI ke-76 populer yang bisa digunakan untuk mempercantik foto milik pengguna.

Cara pakai Twibbon HUT ke-76 RI

Berikut langkah-langkah selengkapnya untuk membuat Twibbon dengan template bertema hari kemerdekaan.

  1. Klik salah satu link di atas
  2. Atau bisa juga kunjungi situs twibbonize.com dan masukkan kata kunci "HUT RI 76" atau Kibarkan Bendera Merah Putih. Lalu pilih satu template yang disukai
  3. Klik "Choose photo" untuk memilih foto mana yang ingin dipasang pada Twibbon
  4. Sesuaikan besaran dan tata letak foto dengan cara zoom out atau zoom in pada area yang tersedia di Twibbon
  5. Setelah sudah sesuai, klik "Crop", lalu klik "Download"

Dengan begitu, foto Twibbon HUT ke-76 RI akan otomatis tersimpan di ponsel atau komputer pengguna.

Arti Logo HUT ke-76 RI

Bila diperhatikan, Twibbon HUT ke-76 RI itu menggunakan logo 76 yang unik, lengkap dengan slogan "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh". Ternyata, keduanya adalah logo dan tema yang diangkat pemerintah untuk memperingati HUT ke-76 RI tahun ini. Apa arti logo Hut RI ke-76?

Tema "Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh" mendeskripsikan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam menempuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik.

Baca juga: Logo Apple di Punggung iPhone Bisa Disulap Jadi Tombol, Begini Caranya

Pranata Humas Ahli Pertama Kementerian Skretariat Negara (Kemensetneg) Bayu Gialucca Vialli menjelaskan, logo tersebut merupakan visualisasi dari tema yang diusung tahun ini.
Makna logo HUT ke-76 RI

Dia menjelaskan, bentuk angka '7' diasosiasikan sebagai bagian dari 'tiang pancang' infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia.

Bentuk itu menggambarkan 'kepala Garuda' yang melambangkan Pancasila, yang menjadi landasan kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selanjutnya, kata Bayu, bentuk angka '6' diasosiasikan sebagai 'orang dan roda yang sedang bergerak' terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi.

Baca juga: Cara Membuat Link Grup WhatsApp untuk Dibagikan

Setelah itu ada bentuk jajar genjang di angka 7 dan jajar genjang sama kaki di angka 6. Dia menjelaskan bentuk itu diasosiasikan sebagai 'ruang' yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia.

"Selain itu, dapat diasosiasikan sebagai bentuk 'panah' yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan," kata Bayu.

Terakhir bentuk lingkaran pada angka 6. Bayu mengatakan, bentuk itu merupakan pertanda kesempurnaan yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai.

"Bentuk ini juga dapat diasosiasikan 'persatuan' Indonesia," tambah Bayu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com