Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Foto Kerupuk Rambak di Akun Instagram Apple, Jepretan Fotografer Semarang

Kompas.com - 12/08/2021, 17:22 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat membuka akun Instagram resmi Apple, tampak sebuah foto dengan setting sebuah pasar, yang tidak asing bagi sebagian besar warga Indonesia.

Foto tersebut menampilkan siluet seorang bapak bertopi lebar dengan barang dagangannya. Dua bungkus kerupuk rambak bertuliskan "Kulit Asli" tergantung di atas tumpukan kardus produk asal Indonesia.

"Dont miss what's hidden in the shadow" demikian caption yang ditulis Apple, seolah ingin menunjukkan kemampuan rentang dinamis sensor kamera iPhone, dalam menangani scene terang (kerupuk di background) dan gelap (pedagang dan barang jajaannya) dalam satu bingkai foto.

Setelah membaca takarir (caption), terdapat sebuah akun yang ditandai (tag) dengan handle @amranrezha. Setelah ditelusuri, akun tersebut rupanya milik salah satu seorang kreator digital asal Indonesia.

Baca juga: Fotografer Asal Banyuwangi Ini Memotret Tanpa Tangan dan Kaki

Tak pelak, kolom komentar pun dijejali komentar warganet Indonesia yang menyuarakan betapa bangganya foto buatan fotografer Tanah Air dengan setting lokasi di Indonesia pula, nangkring di Instagram resmi Apple.

"Indonesia!"

"Itu Indonesia."

Begitu kira-kira sebagian besar isi komentar di fotografi jalanan (street photography) tersebut.
Beberapa lainnya menulis "kerupuk rambak" atau "kulit sapi", merujuk pada makanan khas asal Indonesia yang masuk dalam bingkai foto.

Jadi kebanggaan

Kebanggaan itu bukan hanya milik warganet Indonesia, tapi juga Rezha Sahhilny Amran, si empunya foto tersebut.

"Aku enggak tahu apakah aku orang Indonesia pertama (yang fotonya diunggah Apple) atau tidak. Tapi ini sebuah kebanggan," aku Rezha ketika diubungi KompasTekno melalui sambungan telepon.

"Aku juga cukup bangga karena itu kampung halamanku," imbuh pria asal Semarang ini.

Rezha menganggap capaian ini merupakan sebuah pengakuan atas karya yang dihasilkan dari sebuah hobi. Pria yang bekerja sebagai praktisi kehumasan ini memang punya hobi fotografi.

Segala jenis kamera sudah dijajal, mulai dari kamera DSLR, mirrorless, hingga smartphone yang biasa digunakan sehari-hari.

Sebenarnya, ia pernah mencoba beberapa aliran fotografi selain street photography. Tapi aliran itu yang justru lebih memikatnya.

Baca juga: iPhone Berikutnya Bakal Punya Kamera seperti Oppo dan Samsung

"Aku menemukan passion di street photography karena itu cukup menantang. Menangkap momen yang mungkin orang awam terlewatkan, itu suatu kebahagiaan tersendiri, itulah nikmatnya street photography," tutur Rezha yang mulai sering mengunggah streetphotgrapy di Instagram pribadinya sejak tahun 2014.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com