Dapat Sertifikat ULO, XL Axiata Siap Gelar 5G

Kompas.com - 12/08/2021, 18:02 WIB
Direktur Utama PT XL Axiata Dian Siswarini (kiri) serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berfoto bersama setelah acara konferensi pers pengumuman lolosnya XL Axiata atas Uji Laik Operasional (ULO) untuk menggelar jaringan 5G.
KominfoDirektur Utama PT XL Axiata Dian Siswarini (kiri) serta Menteri Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) berfoto bersama setelah acara konferensi pers pengumuman lolosnya XL Axiata atas Uji Laik Operasional (ULO) untuk menggelar jaringan 5G.

KOMPAS.com - Operator seluler XL Axiata dinyatakan lolos Uji Laik Operasional (ULO) untuk menggelar jaringan 5G di Indonesia. Dengan demikian, XL Axiata menjadi operator seluler ketiga di Indonesia yang resmi mengantongi Surat Keterangan Laik Operasi (SKLO).

SKLO tersebut akan dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika (Dirjen PPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Terbitnya SKLO menandakan bahwa seluruh prasarana untuk menggelar jaringan 5G yang telah disiapkan XL Axiata, secara teknis siap dioperasikan.

Baca juga: Gagal Dapat Frekuensi 2,3 GHz, XL Fokus Optimalkan 4G LTE

SKLO sendiri merupakan salah satu syarat bagi operator seluler untuk menggelar layanan teknologi baru, termasuk jaringan 5G.

"Hari ini kita bersama-sama menyambut lahirnya XL Axiata yang baru saja mendapatkan SKLO 5G pada tanggal 6 Agustus, setelah melaksanakan ULO pada 3-5 Agustus 2021," kata Menteri Kemenkominfo, Johnny G Plate dalam acara konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Kamis (12/8/2021).

Johnny menambahkan bahwa uji kelayakan dilakukan di area Jalan Margonda, Depok Jawa Barat. Untuk menggelar jaringan 5G, XL Axiata menggunakan spektrum yang sudah dimiliki, yakni 1.800 MHz dengan lebar pita 20 MHz dan spektrum 2.100 MHz.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Andalkan jaringan fiber

Direktur Utama XL Axiata, Dian Siswarini yang hadir dalam konferensi pers tersebut mengatakan bahwa XL Axiata sudah menyiapkan penggelaran jaringan 5G jauh-jauh hari. Salah satunya adalah dengan menyiapkan jaringan fiber optik.

Dian menjelaskan, fiberisasi sangat diperlukan untuk pengembangan 5G, di mana diperkirakan jumlah trafik yang harus ditangani akan jauh lebih banyak dibanding teknologi sebelumnya.

Baca juga: Tiga Operator 5G, Tiga Teknologi Beda

Selain itu, XL Axiata juga menggunakan teknologi Dynamic Spectrum Sharing (DSS).
Untuk diketahui, DSS merupakan teknologi yang memungkinkan operator seluler memanfaatkan spektrum yang sama untuk layanan 4G dan 5G.

Itu artinya, XL Axiata akan tetap menggunakan spektrum yang sudah dimiliki saat ini, yaitu pita frekuensi 1.800 MHz dan 2.100 MHz. Saat ini, XL Axiata memiliki alokasi spektrum di pita frekuensi 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2,100 MHz.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.