Samsung Galaxy Z Fold 3 Pakai S Pen Khusus, Jangan Pakai Stylus Biasa

Kompas.com - 13/08/2021, 07:58 WIB
Galaxy Z Fold 3 dapat menggunakan aksesori pena stlyus S Pen yang dijual terpisah, dalam bundel khsusus bersama casing Flip Cover with S Pen
KOMPAS.com/ OIK YUSUFGalaxy Z Fold 3 dapat menggunakan aksesori pena stlyus S Pen yang dijual terpisah, dalam bundel khsusus bersama casing Flip Cover with S Pen

KOMPAS.com - Samsung membawa kejutan di Galaxy Z Fold 3 yang baru diperkenalan di acara "Galaxy Unpakced". Seperti rumor yang beredar sebelumnya, ponsel lipat anyar itu kini mendukung penggunaan stylus S Pen.

Ini pertama kalinya Samsung memberikan dukungan S Pen ke seri ponsel lipat. Sebelumnya, dukungan S Pen yang menjadi ciri khas Galaxy Note hadir pula di Galaxy S21 Ultra yang dirilis awal tahun ini.

Stylus Galaxy Z Fold 3 yang bernama S Pen Fold Edition berukuran lebih besar dibandingkan milik Galaxy Note, sehingga lebih nyaman dan terasa seperti pena sungguhan saat digunakan.

Namun, apakah perangkat input ini bisa dipakai di ponsel Samsung lain dan sebaliknya?

Baca juga: Menjajal Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3, Kini dengan Stylus S Pen

Sayangnya, S Pen Fold Edition tidak kompatibel dengan perangkat Galaxy lain. Sebabnya, layar lipat di Galaxy Z Fold membutuhkan digitizer "unik" alias butuh penangan khusus. Digitizer merupakan lapisan layar yang digunakan untuk membaca input dari stylus pen.

Stylus untuk Galaxy Z Fold 3 ditawarkan dalam dua jenis, yakni S Pen Fold Edition yang tidak memiliki sambungan Bluetooth, dan S Pen Pro yang terhubung ke ponsel dengan Bluetooth serta memiliki fungsi lebih lengkap. Ukurannya lebih besar dibandingkan S Pen di Galaxy Note, lebih mirip dengan stylus di tablet Galaxy Tab.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Stylus untuk Galaxy Z Fold 3 ditawarkan dalam dua jenis, yakni S Pen Fold Edition yang tidak memiliki sambungan Bluetooth, dan S Pen Pro yang terhubung ke ponsel dengan Bluetooth serta memiliki fungsi lebih lengkap. Ukurannya lebih besar dibandingkan S Pen di Galaxy Note, lebih mirip dengan stylus di tablet Galaxy Tab.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tantangan itulah yang akhirnya membuat Samsung merancang S Pen khusus untuk ponsel lipat. Hal sebaliknya juga berlaku. S Pen reguler milik Galaxy Note, Galaxy S21 Ultra, maupun Galaxy Tab, sebaiknya tidak digunakan untuk layar Galaxy Z Fold 3.

Karena, rancangan tip atau ujung pena stylus di S Pen reguler bisa merusak fisik layar lipat Galaxy Z Fold 3 secara permanen meskipun layar telah dilindungi lapisan film yang diklaim 80 persen lebih kuat.

Baca juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Indonesia

Jadi, meskipun ada vendor pihak ketiga yang mengaku bisa mengaktifkan dukungan S Pen reguler di Galaxy Z Fold 3, sebaiknya tetap dihindari agar menghindari kerusakan, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Sammobile, Jumat (12/8/2021).

S Pen Pro bisa berpindah-pindah perangkat

Selain S Pen Fold Edition, Samsung turut merilis stylus lain bernama S Pen Pro untuk mendampingi Galaxy Z Fold 3. Ini tak lain merupakan versi stylus lebih canggih yang memiliki konektivitas Bluetooth.

Selain itu, S Pen Pro juga berukuan lebih besar dan dilengkapi tombol khusus untuk berpindah antar perangkat.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.