Lionel Messi di PSG Dapat Bonus Mata Uang Kripto

Kompas.com - 13/08/2021, 09:01 WIB
Ilustrasi foto Messi dengan kaus tim sepak bola PSG bernomor punggung 30. CNBCIlustrasi foto Messi dengan kaus tim sepak bola PSG bernomor punggung 30.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pemain sepak bola profesional Lionel Messi resmi menandatangani kontrak dengan tim sepak bola asal Perancis, Paris Saint-Germain (PSG) pekan lalu.

Konon, PSG akan membayar Messi 41 juta dolar AS (sekitar Rp 588 miliar) per tahun (belum termasuk bonus), serta uang tambahan sebesar 30 juta dolar AS (Rp 430 miliar) untuk biaya penandatanganan kontrak.

Sebagian bonus awal diberikan dalam format mata uang kripto (cryptocurrency) milik PSG yang beroperasi di platform kripto Socios.com, yakni "PSG Fan Token". Tidak disebutkan berapa keping PSG Fan Token yang akan didapatkan Messi.

Baca juga: Kemendag: 6,5 Juta Orang Indonesia Jual Beli Kripto, Total Transaksi Capai Rp 370 Triliun

"Penyertaan PSG Fan Token dalam paket selamat datang sang pemain (Messi) langsung menghubungkannya dengan jutaan fans Paris Saint-Germain di seluruh dunia," sebut PSG dalam sebuah pernyataan di situsnya.

Menurut PSG, pemberian PSG Fan Token kepada Messi menjadi bukti kepada dunia bahwa klub tersebut memiliki bisnis waralaba di segmen lain di luar sepakbola.

Tren cryptocurrency di ranah sepak bola sendiri tampaknya sedang menjamur. Tidak hanya PSG, beberapa tim sepak bola lainnya juga ada yang memiliki mata uang kriptonya masing-masing yang dirancang khusus untuk para penggemar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di antaranya seperti Manchester City Fan Token (CITY), AC Milan Fan Token (ACM), FC Barcelona Fan Token (BAR), Juventus Fan Token (JUV), hingga Atletico De Madrid Fan Token (ATM).

Masuknya Messi ke PSG tidak hanya akan mempopulerkan PSG Fan Token saja, melainkan juga menggenjot pendapatan di aspek lainnya, seperti penjualan merchandise, jersey, dan lain sebagainya, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNBC, Jumat (13/8/2021).

Harga PSG Fan Token melonjak

Ilustrasi peningkatan harga PSG Fan Token dalam beberapa hari belakangan.Coinbase Ilustrasi peningkatan harga PSG Fan Token dalam beberapa hari belakangan.

Sebelum resmi, rumor Messi akan masuk PSG yang santer beredar beberapa hari belakangan ikut mempopulerkan PSG Fan Token.

PSG mengklaim volume perdagangan mata uang kripto tersebut menembus angka 1,2 miliar dolar AS (sekitar Ro 17,2 triliun) beberapa hari sebelum Messi resmi bergabung.

Berdasarkan data Coinbase, harga PSG Fan Token memang cenderung meningkat dalam beberapa hari terakhir.

Baca juga: Pencurian Kripto Terbesar, Hacker Gasak Rp 8 Triliun Kembalikan Rp 3 Triliun

Puncaknya terjadi pada 10 Agustus lalu, di mana harganya sempat menembus angka Rp 870.000 per keping. Sebelumnya, harga PSG Fan Token biasanya stagnan di angka sekitar Rp 300.000 - Rp 350.000 per keping.

Harga PSG Fan Token saat ini berkisar Rp 607.000 per keping dengan angka kapitalisasi pasar Rp 1,8 triliun.



Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.