Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Deretan Fitur Baru Samsung Galaxy Z Flip 3 yang Absen di Pendahulunya

Kompas.com - 13/08/2021, 14:32 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galaxy Z Flip 3, penerus dari Z Flip generasi pertama akhirnya diperkenalkan oleh Samsung, bersama-sama dengan Galaxy Z Fold 3 pada 11 Agustus 2021.

Ponsel layar lipat mini terbaru Samsung ini membawa sejumlah kelebihan dibandingkan Galaxy Z Flip. Meski demikian, Galaxy Z Flip 3 dibanderol jauh lebih murah ketimbang pendahulunya.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Indonesia

Secara umum, menurut Product Marketing Manager Samsung Mobile, Verry Octavianus dan Taufiq Furqan, Galaxy Z Flip 3 memiliki empat keunggulan dibandingkan dengan pendahulunya.

1. Ketahanan terhadap air

Salah satu kelebihan yang dimiliki Galaxy Z Flip 3 adalah ketahanan terhadap air dengan sertifikasi IPX8. Fitur ini absen di Galaxy Z Flip sebelumnya.

Verry menjelaskan, fitur ini membuat ponsel lipat anyar ini masih dapat bertahan apabila terjatuh atau terendam di air dengan kedalaman 1,5 meter selama 30 menit.

"Ini menjadikan Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 sebagai satu-satunya perangkat foldable series pertama di dunia yang dibekali dengan fitur water resistance," kata Verry, dalam acara Local Unpacked Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3 yang digelar secara daring, Kamis (12/8/2021).

Baca juga: Samsung Galaxy Z Flip 3 Resmi, Layar Mini Lebih Lebar dan Tahan Air

2. Kekuatan frame dan engsel

Samsung Galaxy Z Flip 3 kali ini memiliki bingkai dan engsel berbahan dasar Aluminum Armor, yang diklaim 10 persen lebih kuat dibanding generasi sebelumnya.

Untuk menambah kesan kokoh, cangkang ponsel lipat ini sudah dilindungi dengan kaca Gorilla Glass Victus yang diklaim 50 persen lebih tangguh dibanding Gorilla Glass 6.

Sisi bawah Galaxy Z Flip 3 memuat konektor USB tipe C berikut grill speaker dan microphone.
KOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi bawah Galaxy Z Flip 3 memuat konektor USB tipe C berikut grill speaker dan microphone.

3. Dukungan jaringan 5G

Verry mengatakan, ponsel flagship Samsung, termasuk Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 dibekali chipset yang mendukung konektivitas 5G. Ponsel lipat ini ditenagai chipset Snapdragon 888 (5nm) dari Qualcomm.

Meski demikian, Verry tak menjelaskan pita (band) jaringan 5G yang sudah didukung oleh dua ponsel ini.

Mengingat untuk bisa menikmati layanan 5G di Indonesia, ponsel setidaknya harus sudah mendukung band n3 (layanan 5G Indosat) dan n40 (layanan 5G Telkomsel).

Yang jelas, Verry mengatakan, pihaknya mengaku masih dalam tahap kerja sama dengan operator seluler agar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 segera bisa menikmati jaringan generasi kelima.

"Diharapkan akhir tahun atau kuartal ketiga 2021. Begitu sudah resmi dan trialnya sudah maksimal, nanti kita akan umumkan sinyal 5G tersebut. Apakah perlu unlock? Tidak perlu khawatir, nanti akan ada software update," jelas Verry.

Baca juga: Samsung Langsung Buka Pre-order Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 di Indonesia

4. Layar sekunder yang lebih besar

Salah satu presenter Galaxy Unpacked, menunjukan fitur Galaxy Z Flip yang memungkinkan melakukan panggilan video melalui layar sekunder.Samsung Salah satu presenter Galaxy Unpacked, menunjukan fitur Galaxy Z Flip yang memungkinkan melakukan panggilan video melalui layar sekunder.
Untuk di Galaxy Z Flip 3 sendiri, Samsung turut menyertakan layar sekunder (Cover Screen) Super AMOLED seluas 1,9 inci dengan resolusi 260 x 512 piksel.

Menurut Taufiq, cover screen di Galaxy Z Flip 3 ini lebih besar dibandingkan pendahulunya, di mana Galaxy Z Flip generasi pertama memiliki layar sekunder seluas 1,1 inci (resolusi 300 x 112 piksel).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com