Evos Sports dari Indonesia Masuk 3 Besar Organisasi E-Sports Terpopuler Dunia

Kompas.com - 13/08/2021, 17:09 WIB
Evos Legends membawa pulang piala MPL ID Season 7. MPL IndonesiaEvos Legends membawa pulang piala MPL ID Season 7.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Evos Esports asal Indonesia dinobatkan sebagai organisasi e-sports terpopuler ketiga di dunia oleh situs situs web statistik untuk kompetisi e-sports global, Escharts.

Berdasarkan laporan Escharts untuk kuartal-II 2021 (periode April-Juni), aneka tim yang berasal dari Evos Esports berhasil meraup jumlah jam tontonan (hours watched) dari para penggemarnya yang melakukan live streaming sebanyak 30,31 juta jam.

Angka tersebut berasal dari total 46 pertandingan yang dijalani oleh beragam tim Evos Esports, seperti Evos Legends, Evos Icon, Evos Lynx, dan lain sebagainya dalam tiga bulan terakhir.

Baca juga: EVOS Jadi Tim E-sports Paling Populer di Asia Tenggara

Di atas Evos Esports, ada organisasi e-sports raksasa asal Amerika Serikat, Team Liquid yang berhasil mendapatkan 32,85 juta jam tontonan, diikuti dengan organisasi e-sports asal Korea Selatan, DWG.KIA dengan 31,26 juta jam tontonan.

Team Liquid menduduki posisi pertama karena organisasi e-sports tersebut memiliki banyak divisi di beberapa game, seperti StarCraft 2, League of Legends, Hearthstone, Dota 2, Counter-Strike: Global Offensive, dan masih banyak lagi.

Lima organisasi e-sports terpopuler di dunia versi Escharts.Escharts Lima organisasi e-sports terpopuler di dunia versi Escharts.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini berbeda dengan organisasi e-sports DWG.KIA dan Evos Esports yang bisa dibilang memiliki fokus di satu game saja, yaitu lewat League of Legends (DWG.KIA) dan Mobile Legends (Evos Esports).

Masing-masing dari dua organisasi e-sports tersebut sebenarnya memiliki divisi lain, misalnya untuk game PUBG Mobile, namun namanya tidak sebesar divisi tim yang fokus di game ber-genre multiplayer online battle arena (MOBA).

Baca juga: Jadwal MPL ID Season 8 Hari Ini, Jumat 13 Agustus

Organisasi e-sports terbesar keempat dan kelima di dunia pada kuartal-II 2021 masing-masing adalah juara kompetisi Mobile Legends South East Asia Cup (MSC) 2021, Execration dengan 29 juta hours watched, dan G2 Esports dengan 25,4 juta hours watched.

Perlu dicatat, statistik Escharts ini tidak memasukkan angka hours watched pada pertandingan live stream dari game battle royale macam PUBG Mobile atau Call of Duty Mobile.

Selain itu, penonton yang berasal dari platform streaming asal China juga tidak diikutsertakan dalam penghitungan jumlah jam tontonan, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Escharts, Jumat (13/8/2021).



Sumber Escharts
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.