Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, Langkah Awal Samsung Memasyarakatkan Gadget Lipat

Kompas.com - 14/08/2021, 18:45 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 CNETSamsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3

KOMPAS.com - Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 adalah dua ponsel lipat terbaru dari Samsung yang diluncurkan pekan ini.

Sebagai suksesor dari Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip, kedua ponsel itu membawa sejumlah peningkatan, baik dari segi desain hingga spesifikasi yang diusung.

Namun tak sekadar peningkatan spek, kehadiran Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 juga disebut-sebut membuat ponsel lipat lebih memasyarakat dibanding sebelum-sebelumnya. Ponsel lipat diprediksi menjadi tren dalam waktu dekat, atau di tahun mendatang.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

Bagaimana tidak, image ponsel lipat yang dulu dianggap eksklusif dan mewah, kini mulai memasyarakat dengan menunjukkan "jati diri" di segmen mainstream, sama dengan ponsel-ponsel flagship lainnya.

Strategi harga berbanding kualitas

Sedikit menengok ke belakang. Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone) sebetulnya sudah muncul pada 2019 lalu, ketika Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold.

Namun, saat itu, Galaxy Z Fold menimbulkan banyak keraguan, seperti misalnya soal ketahanan layar atau dari segi material engsel lipatnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga ponsel lipat Samsung juga kala itu dianggap kelewat tinggi, seperti Z Fold 2 yang harganya di Indonesia tembus Rp 30 jutaan.

Dalam sebuah wawancara, Vice President of Mobile Product Management Samsung Electronics America, Drew Blackard, mengatakan bahwa penawaran harga yang menarik, diyakini akan mengatasi segala keraguan tentang ponsel lipat itu sendiri.

Kini, Galaxy Z Fold 3 varian termurah dijual seharga Rp 25 juta, bersaing dengan lini iPhone 12 Pro Max varian tertinggi (512 GB sekitar Rp 23 juta).

Baca juga: 6 Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibanding Pendahulunya

Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia, Verry Octavianus mengungkapkan, pertanyaan soal banderol harga yang jauh lebih murah ini memang banyak ditanyakan kepada pihak Samsung.

Halaman:


Sumber CNET
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.