Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, Langkah Awal Samsung Memasyarakatkan Gadget Lipat

Kompas.com - 14/08/2021, 18:45 WIB
Conney Stephanie,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNET

KOMPAS.com - Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 adalah dua ponsel lipat terbaru dari Samsung yang diluncurkan pekan ini.

Sebagai suksesor dari Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip, kedua ponsel itu membawa sejumlah peningkatan, baik dari segi desain hingga spesifikasi yang diusung.

Namun tak sekadar peningkatan spek, kehadiran Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 juga disebut-sebut membuat ponsel lipat lebih memasyarakat dibanding sebelum-sebelumnya. Ponsel lipat diprediksi menjadi tren dalam waktu dekat, atau di tahun mendatang.

Baca juga: Kesan Pertama Menjajal Galaxy Z Flip 3, Ponsel Lipat Mini Terbaru Samsung

Bagaimana tidak, image ponsel lipat yang dulu dianggap eksklusif dan mewah, kini mulai memasyarakat dengan menunjukkan "jati diri" di segmen mainstream, sama dengan ponsel-ponsel flagship lainnya.

Strategi harga berbanding kualitas

Sedikit menengok ke belakang. Tren ponsel dengan layar yang dapat dilipat (foldable phone) sebetulnya sudah muncul pada 2019 lalu, ketika Samsung memperkenalkan Galaxy Z Fold.

Namun, saat itu, Galaxy Z Fold menimbulkan banyak keraguan, seperti misalnya soal ketahanan layar atau dari segi material engsel lipatnya.

Harga ponsel lipat Samsung juga kala itu dianggap kelewat tinggi, seperti Z Fold 2 yang harganya di Indonesia tembus Rp 30 jutaan.

Dalam sebuah wawancara, Vice President of Mobile Product Management Samsung Electronics America, Drew Blackard, mengatakan bahwa penawaran harga yang menarik, diyakini akan mengatasi segala keraguan tentang ponsel lipat itu sendiri.

Kini, Galaxy Z Fold 3 varian termurah dijual seharga Rp 25 juta, bersaing dengan lini iPhone 12 Pro Max varian tertinggi (512 GB sekitar Rp 23 juta).

Baca juga: 6 Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibanding Pendahulunya

Product Marketing Manager Samsung Mobile Indonesia, Verry Octavianus mengungkapkan, pertanyaan soal banderol harga yang jauh lebih murah ini memang banyak ditanyakan kepada pihak Samsung.

"Banyak yang bertanya-tanya ke kami, 'kok produknya bagus, harganya seperti ini (lebih murah)?'" kata Verry, dalam acara Local Unpacked Galaxy Z Fold 3 dan Flip 3, Kamis (12/8/2021).

Menurut Verry, salah satu alasan utama Samsung membanderol dua ponsel lipat anyarnya dengan harga yang lebih terjangkau ialah karena pihaknya ingin membuat foldable device menjadi mainstream.

Ini sejalan dengan riset pasar yang dilakukan Samsung kepada konsumennya, di mana, kata Verry, kebanyakan konsumen ingin merasakan perangkat foldable alias ponsel lipat.

"Namun memang salah satu kendalanya adalah, bagi mereka foldable device ini kok mahal ya, nggak kebeli," kata Verry.

Verry mengatakan, dari situlah, Samsung ingin membuat gadget lipat menjadi ponsel mainstream dengan harga yang lebih murah.

Halaman:
Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com