Kamera Tersembunyi Galaxy Z Fold 3 Baru Muncul di Layar Saat Selfie, Ini Rahasianya

Kompas.com - 16/08/2021, 12:32 WIB
Galaxy Z Fold3 5G ketika dibentangkan. SamsungGalaxy Z Fold3 5G ketika dibentangkan.
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Smartphone lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 hadir dengan sejumlah pembaruan, salah satunya adalah kamera selfie pada layar utama yang kini tersembunyi di bawah permukaan layar.

Samsung menyebutnya dengan "Under Display Camera". Galaxy Z Fold 3 merupakan ponsel lipat pertama di dunia yang mengusung kamera swafoto dengan model demikian.

Kamera selfie itu sendiri sebenarnya dimuat dalam modul "Infinity-O" khas Samsung.

Modul tersebut akan nampak ke permukaan apabila pengguna hendak memakainya untuk memotret atau video call. Hal ini tak lain bertujuan untuk mengizinkan cahaya masuk ke sensor kamera.

Lalu, ketika Under Display Camera tidak dipakai, maka modul Infinity-O tadi akan disamarkan dengan permukaan layar di atasnya, seakan-akan memang tidak ada modul kamera di situ.

Dengan begitu, pengguna tidak terganggu saat mereka menonton film dan memainkan game favorit mereka.

Menurut Samsung, layar yang menutupi kamera selfie Galaxy Z Fold3 bisa bersifat dinamis karena kini memiliki susunan piksel (pixel array) dengan jumlah minimum.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak dijelaskan secara spesifik bagaimana cara kerja Under Display Camera tersebut. Namun, layar di sekitar kamera selfie ini tampaknya dibuat "transparan".

Baca juga: Menjajal Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3, Kini dengan Stylus S Pen

Sebab, lubang kamera akan semakin terlihat apabila tingkat kecerahan layar semakin terang, seperti ilustrasi gambar berikut.

Modul kamera selfie 4 MP Galaxy Z Fold3 yang akan sedikit terlihat apabila layarnya cukup terang.9to5Google Modul kamera selfie 4 MP Galaxy Z Fold3 yang akan sedikit terlihat apabila layarnya cukup terang.

Modul itu sendiri akan semakin samar apabila tingkat kecerahan layar gelap, layar dalam keadaan standby atau mati, atau konten yang sedang dilihat sebagian besar memang gelap atau berwarna hitam.

Halaman:


Sumber SamMobile
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.