3 Bulan Dibuka, Pengajuan Centang Biru Twitter Kini Ditutup Lagi

Kompas.com - 16/08/2021, 14:03 WIB
Twitter menangguhkan verifikasi akun sementara waktu Wahyunanda Twitter menangguhkan verifikasi akun sementara waktu

KOMPAS.com - Baru sekitar tiga bulan dibuka, pengajuan verifikasi/centang biru akun Twitter kembali ditutup. Sebelumnya, pada Mei 2021 lalu, Twitter membuka kembali pengajuan centang biru, setelah menyetop pengajuan verifikasi ini sejak 2017.

Namun pada Agustus 2021 ini, pengajuan centang biru/verified account kembali disetop oleh Twitter. Pengumuman itu disampaikan oleh Twitter lewat akun resmi mereka dengan handle @verified.

"Kami menghentikan sementara waktu akses pengajuan verifikasi akun sehingga kami bisa melakukan peningkatan pada proses aplikasi dan peninjauan," tulis Twitter dalam pengumuman yang diunggah hari Jumat (13/8/2021).

Baca juga: Membludak, Permintaan Centang Biru Twitter Ditutup Sementara

Melansir dari The Verge, perwakilan Twitter mengatakan pihaknya akan tetap melanjutkan proses pengajuan verifikasi akun yang telah masuk dalam beberapa pekan ke depan.

Namun, bagi pengguna lain yang baru ingin mengajukan proses verifikasi, harus menunggu sampai waktu yang belum ditentukan.

Twitter tidak menjelaskan alasan pasti mengapa mereka lagi-lagi menghentikan proses pengajuan lencana centang biru, setelah kurang lebih tiga bulan dibuka kembali.

Namun pada Mei 2021 lalu, tak lama setelah program pengajuan akun verifikasi kembali dibuka sejak 2017 disetop, Twitter mengakui mereka telah salah memberikan lencana centang biru untuk akun palsu, yang mengklaim sebagai novelis Cormac McCarthy.

Sejumlah akun bot juga diketahui mendapat lencana centang biru. Akun dengan handle @conspirator0 yang fokus menyoroti disinformasi, menemukan setidaknya enam akun baru yang telah diverifikasi.

Baca juga: Siapa Saja Kini Bisa Ajukan Verified Account di Twitter

Semua akun tersebut baru dibuat pada 16 Juni 2021. Ciri-ciri lain yang cukup jelas bahwa akun tersebut adalah akun palsu adalah tidak satupun twit yang diunggah, meskipun followers (pengikut) mencapai ribuan.

Bahkan jika enam akun itu dibandingkan, jumlah follower-nya hampir identik, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable. Twitter pun mengakui kesalahan tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.