Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Mode Samsung Galaxy Z Fold 3, Jadi Tablet 7 Inci dan Smartphone 6 Inci

Kompas.com - 17/08/2021, 14:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejak 2019, Samsung rutin meluncurkan ponsel lipat buatannya. Ponsel lipat pertama yang diperkenalkan adalah Galaxy Fold.

Kemudian, Galaxy Fold generasi kedua dirilis pada 2020 lalu dengan menambahkan huruf "Z" pada penamaannya menjadi Galaxy Z Fold 2.

Kemudian baru-baru ini, Samsung merilis Galaxy Z Fold 3, bersamaan dengan Galaxy Z Flip 3. Sama seperti pendahulunya, mekanisme lipatan Galaxy Z Fold 3 juga dilipat layaknya sebuah buku.

Ponsel ini memiliki layar bagian luar dan bagian dalam. Ketika dibentangkan, layar Galaxy Z Fold 3 menjadi sebesar tablet. Sedangkan ketika dilipat, ukuran layarnya seperti smartphone pada umumnya.

Mode HP biasa (terlipat)

Cover Screen membuat Galaxy Z Fold 3 tetap bisa digunakan layaknya ponsel pada umumnya saat sedang dilipat. Layar kedua ini sekarang menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x (2.268 x 832 piksel) dengan aspect ratio 24,5:9 dan refresh rate 120 HzKOMPAS.com/ OIK YUSUF Cover Screen membuat Galaxy Z Fold 3 tetap bisa digunakan layaknya ponsel pada umumnya saat sedang dilipat. Layar kedua ini sekarang menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x (2.268 x 832 piksel) dengan aspect ratio 24,5:9 dan refresh rate 120 Hz
Dalam keadaan terlipat, pengguna akan mendapati desain dan fungsi ponsel yang sama seperti menggunakan HP biasa pada umumnya.

Hal ini karena, dalam posisi terlipat, pengguna akan disuguhkan layar sekunder yang terdapat di bagian luar (Cover Screen) dengan desain infinity-O seluas 6,2 inci. Layar tersebut memiliki resolusi 2.268 x 832 piksel dan mendukung refresh rate 120 Hz.

Cover Screen Galaxy Z Fold 3 berfungsi penuh seperti layar ponsel umumnya. Pengguna bisa mengakses seluruh aplikasi dan fitur Galaxy Z Fold 3 melalui layar sekunder tersebut. Termasuk menggunakan kamera selfie dan tiga kamera belakang.

Dalam keadaan terlipat, pengguna bisa menggunakan kamera selfie 10 MP (f/2.2) yang dibenamkan dalam sebuah punch hole di bagian tengah atas layar sekunder.

Selain itu, pengguna juga bisa menggunakan tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal di punggung ponsel.

Adapun tiga kamera belakang itu terdiri dari kamera utama (wide) 12 MP (f/1.8, Dual Pixel AF dan OIS), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), dan kamera telefoto 12 MP (optical zoom 10X).

Perbedaan paling kentara hanya terletak pada ketebalan ponsel. Dalam posisi terlipat, ketebalan Galaxy Z Fold 3 ini mencapai 14,4-16 mm.

Baca juga: Harga serta Spesifikasi Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Indonesia

Kenapa ketebalannya tidak seragam saat dilipat? Sebab, Galaxy Z Fold 3 memang menyisakan sedikit celah di tengah agar debu atau benda lain tidak terjepit sehingga berpotensi menggores layar.

Bila digenggam, ponsel ini kemungkinan akan terasa lebih tebal dibandingkan dengan ponsel pada umumnya yang biasanya memiliki ketebalan tak lebih dari 10 mm.

Mode tablet dengan kamera selfie di bawah layar

Layar utama Galaxy Z Fold 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18 sehingga tampak menyerupai perangkat tablet ketika dibentangkan.KOMPAS.com/ OIK YUSUF Layar utama Galaxy Z Fold 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18 sehingga tampak menyerupai perangkat tablet ketika dibentangkan.
Nah, bila pengguna ingin mendapati layar yang lebih luas, pengguna bisa menggunakan mode tablet dengan membentangkan layar Galaxy Z Fold 3 sepenuhnya.

Saat dibentangkan, pengguna akan disuguhi layar utama Infinity Flex Display Dynamic AMOLED 2X Display seluas 7,6 inci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com