Cara Membuat Password yang Aman dan Mudah Diingat

Kompas.com - 18/08/2021, 13:04 WIB
Ilustrasi password ThreatpostIlustrasi password

KOMPAS.com - Di era yang serba digital ini, sudah menjadi hal lumrah bila masyarakat memiliki lebih dari satu akun digital. Misalnya akun media sosial, e-mail, bahkan hingga akun rekening bank sekalipun.

Masing-masing akun tersebut pastinya harus dilindungi oleh password yang aman dan mudah diingat, agar tak mudah dibobol oleh orang lain.

Namun karena terlalu banyak akun digital, pengguna akhirnya kerap menggunakan kombinasi password mudah ditebak dan berulang untuk beberapa akun miliknya. Alasannya tak lain ialah agar password mudah diingat.

Hal ini sebenarnya justru membuka peluang untuk hacker bisa dengan mudah membobol akun digital milik pengguna.

Baca juga: Cara Ganti Password Wi-Fi lewat Ponsel

Menurut situs resmi pusat keamanan siber nasional (National Cyber Security Centre/NCSC) milik pemerintah Inggris, sebenarnya ada trik sederhana cara membuat password aman/kuat dan mudah diingat.

Berikut adalah cara membuat password aman dan mudah diingat, dikutip KompasTekno dari situs NCSC, Senin (16/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Cara membuat password aman dan mudah diingat

 

Gunakan 3 kata acak

Pengguna bisa menggunakan menggabungkan tiga kata acak untuk membuat password yang kuat.NCSC UK Pengguna bisa menggunakan menggabungkan tiga kata acak untuk membuat password yang kuat.

Cara pertama untuk membuat password aman dan mudah diingat, NCSC menyarankan pengguna membuat kombinasi password berdasarkan konsep "three random words" alias tiga kata acak.

Baca juga: 2020, Masih Ada yang Pakai Password Gampang Ditebak

"Meskipun bukan solusi mutlak, menggunakan 'tiga kata acak' masih lebih baik daripada membuat kombinasi password berdasarkan kerumitan atau kompleksitas," tulis Ian M, selaku Direktur Teknis Utama, Kemampuan Manajemen Risiko di situs resmi NCSC.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.