BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Samsung

Mengetahui Perbedaan Spesifikasi Galaxy Z Fold3 5G dan Galaxy Z Fold2

Kompas.com - 18/08/2021, 15:58 WIB
Kekukuhan Galaxy Z Fold3 5G semakin terasa dengan cangkang ponsel yang turut dilindungi kaca Gorilla Glass Victus. DOK. SAMSUNGKekukuhan Galaxy Z Fold3 5G semakin terasa dengan cangkang ponsel yang turut dilindungi kaca Gorilla Glass Victus.

KOMPAS.comSamsung secara resmi meluncurkan Galaxy Z Fold3 5G pada Rabu (11/8/2021). Lewat ponsel ini, Samsung mengusung berbagai teknologi teranyar yang semakin mengukuhkan babak baru inovasi perangkat ponsel lipat atau foldable.

Bila dilihat dari tampilan bodi, Galaxy Z Fold3 5G sekilas terlihat sama dengan pendahulunya, yakni Galaxy Z Fold2. Pasalnya, kedua ponsel mengusung model lipatan buku. Perbedaan kedua ponsel lipat tersebut mulai terlihat pada bagian modul kamera belakang.

Galaxy Z Fold2 menggunakan tiga kamera belakang dengan lampu flash LED yang diletakkan di sisi sebelah kanan kamera. Meskipun memiliki jumlah kamera belakang yang sama, Galaxy Z Fold3 5G terlihat lebih ramping dengan lampu flash LED yang diletakkan sejajar di bawah kamera.

Dari sisi desain, Galaxy Z Fold3 5G dibuat dengan tampilan lebih mulus, tipis, dan ringan agar lebih mudah dibawa ke mana saja. Adapun perangkat Galaxy Z Fold3 5G tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver.

Bingkai lebih kukuh, layar semakin seamless

Kemudian, perbedaan selanjutnya terlihat dari bingkai dan engsel kedua ponsel. Galaxy Z Fold3 5G terlihat lebih kukuh dibandingkan saudara tuanya karena memiliki bingkai dan engsel Aluminum Armor. Material ini diklaim 10 persen lebih kuat dibandingkan bingkai dan engsel milik Galaxy Z Fold2.

Kekukuhan Galaxy Z Fold3 5G semakin terasa dengan cangkang ponsel yang turut dilindungi kaca Gorilla Glass Victus.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3, Langkah Awal Samsung Memasyarakatkan Gadget Lipat

Kualitas Gorilla Glass Victus pun disebut 50 persen lebih tangguh dibandingkan Gorilla Glass 6 yang disematkan pada model terdahulu. Hal ini penting untuk perlindungan terhadap goresan dan keretakan.

Dari segi layar utama, Galaxy Z Fold3 5G masih menghadirkan teknologi Infinity Flex Display berukuran 7,6 inci dengan resolusi 2.208x1.768 piksel dan Super Smooth 120 Hz.

Bedanya, Galaxy Z Fold3 5G menggunakan teknologi under display camera pada layar utama. Dengan teknologi tersebut, pengguna bisa menatap layar ponsel tanpa terganggu dengan notch atau punch hole yang terletak di bagian atas layar.

Samsung melengkapi teknologi under display camera pada Galaxy Z Fold3 5G dengan pemanfaatan teknologi layar Eco terbaru.DOK. SAMSUNG Samsung melengkapi teknologi under display camera pada Galaxy Z Fold3 5G dengan pemanfaatan teknologi layar Eco terbaru.

 Sebagai informasi, Samsung telah merancang teknologi under display camera sedemikian rupa dengan mengurangi jumlah piksel yang berada tepat di atas kamera. Jarak piksel yang berada di bagian atas kamera juga sudah dioptimalkan untuk memungkinkan cahaya melewati celah kamera.

Dengan begitu, pengguna tidak hanya bisa mendapatkan area tampilan yang lebih luas untuk menonton, bermain game, atau melakukan panggilan video, tetapi juga bisa menggunakan fitur facial recognition dengan lebih seamless.

Inovasi Samsung tak berhenti sampai di situ. Pabrikan asal Korea Selatan ini melengkapi teknologi under display camera dengan pemanfaatan teknologi layar Eco terbaru. Dengan teknologi ini, tingkat kecerahan layar pada Galaxy Z Fold3 5G meningkat 29 persen dengan konsumsi baterai lebih rendah dibandingkan Galaxy Z Fold2.

Baca juga: 6 Keunggulan Samsung Galaxy Z Fold 3 Dibanding Pendahulunya

Samsung juga melengkapi Galaxy Z Fold3 5G dengan film pelindung baru berbahan PET5 yang dapat meregang sehingga mampu membuat layar 80 persen lebih tahan lama dibandingkan pendahulunya.

Untuk layar sekunder (cover screen), Galaxy Z Fold3 5G dibekali layar Dynamic AMOLED 2X Display 6,2 inci. Spesifikasi tersebut sama dengan Galaxy Z Fold2. Hanya saja, terdapat perbedaan pada refresh rate.

Layar sekunder Galaxy Z Fold3 5G memiliki 120 Hz adaptive refresh rate yang disinyalir mampu menampilkan animasi visual lebih mulus. Kualitas tersebut berbeda dengan model terdahulu yang hanya dibekali refresh rate 60 Hz.

Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan fitur water resistant atau ketahanan air dengan sertifikasi IPX8 pada Galaxy Z Fold3 5G. DOK. SAMSUNG Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan fitur water resistant atau ketahanan air dengan sertifikasi IPX8 pada Galaxy Z Fold3 5G.

Inovasi ponsel foldable yang tahan air

Untuk pertama kalinya, Samsung menyematkan fitur water resistant atau ketahanan air dengan sertifikasi IPX8 pada Galaxy Z Fold3 5G.

Dengan level ketahanan air yang sama baiknya dengan seri Galaxy S, Galaxy Z Fold3 5G memberikan rasa lebih aman kepada pengguna terhadap kondisi tak menentu, seperti terkena percikan air hujan secara tiba-tiba atau saat tidak sengaja tercebur ke dalam air.

Untuk diketahui, sertifikasi IPX8 telah lulus uji coba perendaman di dalam air tawar dengan kedalaman maksimum 1,5 meter selama maksimum 30 menit.

Pihak Samsung menyadari bahwa perangkat foldable memiliki kompleksitas tersendiri, mulai dari banyaknya bagian yang bergerak hingga celah yang berpotensi kemasukan air.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 Edisi Thom Browne Dijual Rp 52 Juta di Indonesia

Oleh karena itu, Samsung memberikan perlindungan lebih pada celah antara bodi dan engsel dengan lapisan karet khusus. Lapisan ini memberikan perlindungan terhadap komponen elektronik agar terlindungi dari air yang mungkin masuk.

Engsel Galaxy Z Fold3 5G pun diberi lapisan antikarat untuk melindungi ponsel dari potensi korosi.

Ragam teknologi yang dihadirkan tersebut pun semakin melengkapi kelebihan Galaxy Z Fold3 5G dibandingkan Galaxy Z Fold2.

Kecanggihan dan keunggulan Galaxy Z Fold3 5G semakin terasa dengan dukungan S Pen untuk menunjang aktivitas multitasking pengguna.DOK. SAMSUNG Kecanggihan dan keunggulan Galaxy Z Fold3 5G semakin terasa dengan dukungan S Pen untuk menunjang aktivitas multitasking pengguna.

Dilengkapi S Pen

Kecanggihan dan keunggulan Galaxy Z Fold3 5G semakin terasa dengan dukungan S Pen untuk menunjang aktivitas multitasking pengguna.

S Pen untuk Galaxy Z Fold3 hadir dalam dua varian, yakni S Pen Fold Edition dan S Pen Pro. Keduanya pun memiliki keunggulan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

S Pen Fold Edition, misalnya, bisa digunakan untuk mendukung fitur navigasi Air Command. Sementara, S Pen Pro memiliki keunggulan lebih banyak dengan konektivitas Bluetooth dan bisa digunakan pada perangkat Samsung lain, seperti Galaxy 21 Ultra, Galaxy Tab, dan Galaxy Note Series.

Secara fungsi, S Pen dapat digunakan untuk mendukung aktivitas menggambar pola, mengedit dokumen, berkirim pesan dengan lebih lancar dan intuitif, menulis catatan sambil melakukan panggilan video, serta memeriksa to-do list saat membaca email.

Baca juga: Samsung Umumkan Galaxy Z Fold 3, Tahan Air dan Mendukung Stylus S-Pen

Kamu bisa merasakan kecanggihan fitur dan spesifikasi Galaxy Z Fold3 dengan harga Rp 24.999.000 untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 256 GB. Sementara, untuk varian RAM 12 GB dan kapasitas penyimpanan 512 GB, Galaxy Z Fold3 dibanderol dengan harga Rp 26.999.000.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan penawaran khusus berupa potongan harga hingga Rp 5.239.000 dengan melakukan preorder di www.galaxylaunchpack.com, Indosat Gallery, dan XL Center hingga Minggu (29/8/2021).

Penawaran tersebut terdiri dari proteksi Samsung Care+ selama satu tahun, e-voucher senilai Rp 1.500.000 untuk pembelian aksesori di Samsung e-Store, dan cashback dari bank tertentu hingga Rp 1.000.000.

Selain itu, tersedia pula program buy-back sebesar 60 persen untuk pembelian smartphone foldable seri berikutnya di tahun depan.

Kamu juga bisa menikmati program cicilan 0 persen dengan tenor hingga 24 bulan melalui Bank Mandiri, BRI, Panin Bank, Citibank, HSBC, BCA, Maybank, BNI, DBS, CIMB Niaga, OCBC, Standard Chartered, dan Bank Mega.

Kunjungi laman www.samsung.com/id/ untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Samsung Galaxy Z Fold3 5G.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.