Hati-hati, 9 Aplikasi Android Ini Berisi Malware dan Bisa Retas Akun Facebook

Kompas.com - 18/08/2021, 19:05 WIB
Ilustrasi malware di Android. IstIlustrasi malware di Android.

KOMPAS.com - Meski Google Play Store merupakan platform resmi penyedia aplikasi untuk pengguna Android, nyatanya, tak menutup kemungkinan ada sejumlah aplikasi yang dapat merugikan penggunanya.

Baru-baru ini misalnya, peneliti keamanan siber dari Zimperium Labs mendeteksi setidaknya ada sembilan aplikasi di Google Play Store yang disusupi malware jenis trojan bernama "FlyTrap".

Menurut Zimperium, program jahat ini menyamar sebagai aplikasi yang menawarkan kode kupon gratis untuk Netflix dan Google Ads, serta program pertandingan sepak bola.

Selain itu, serangan program jahat ini dikatakan Zimperium, berpotensi dapat meretas akun Facebook milik penggunanya untuk mencuri data-data pribadi korban seperti lokasi, alamat e-mail, alamat IP, dan cookie apa pun yang terkait dengan akun tersebut.

Saat pengguna membuka aplikasi, mereka akan diminta untuk masuk ke akun Facebook sebelum memperoleh kode kupon gratis.

Baca juga: Hati-hati, Ada Windows 11 Palsu yang Berisi Malware

Setelah login, nantinya, aplikasi berbahaya itu akan memunculkan notifikasi yang mengatakan bahwa kode tersebut sudah kedaluwarsa. Saat itulah, korban mulai dimanipulasi oleh peretas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melalui blog resminya, Zimperium mengatakan bahwa serangan perangkat lunak jahat tersebut canggih dan sulit dikenali.

"Sama seperti manipulasi pengguna lainnya, grafik berkualitas tinggi dan layar login yang tampak resmi adalah taktik umum untuk membuat pengguna mengambil tindakan yang dapat mengungkapkan informasi sensitif," tulis pihak Zimperium.

Ketika sudah dikendalikan oleh peretas, akun Facebook korban juga dapat disalahgunakan untuk mengirimkan pesan kepada teman atau keluarga dan meminta mereka untuk mengunduh aplikasi berbahaya yang sama.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Express UK, Rabu (18/8/2021), malware FlyTrap diklaim sudah tersebar di 140 negara. Korbannya disebut telah mencapai 10.000 orang terhitung sejak Maret 2021.

Baca juga: Jaringan Malware Paling Berbahaya di Dunia Berhasil Diberangus

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.