5 Fitur Baru WhatsApp yang Layak Dicoba dan Cara Menggunakannya

Kompas.com - 19/08/2021, 06:36 WIB

KOMPAS.com - Sekitar dua bulan terakhir ini, WhatsApp rajin meluncurkan fitur-fitur baru untuk menambah pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasinya.

Pantauan KompasTekno, selama dua bulan terakhir ini setidaknya ada lima fitur baru WhatsApp yang dirilis. Fitur-fitur terbaru ini wajib diketahui dan layak dicoba oleh para pengguna.

Sebab, deretan fitur baru ini akan memudahkan pengguna ketika berkirim foto/video, mendengarkan voice note (VN), cara baru bergabung dalam panggilan audio/video grup, hingga mengarsipkan chat dari pengguna lain.

Sebelum bisa menggunakan fitur-fitur baru ini, pastikan dulu pengguna sudah melakukan update aplikasi WhatsApp ke versi paling baru. Cara memperbarui WhatsApp bisa disimak selengkapnya di tautan berikut.

Berikut KompasTekno rangkumkan daftar lengkap lima fitur baru WhatsApp yang wajib diketahui pengguna, Kamis (19/8/2021).

1. Fitur arsip baru

Tampilan fitur Archived Chats yang baru di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 di ponsel Android.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Tampilan fitur Archived Chats yang baru di aplikasi WhatsApp versi 2.21.14.24 di ponsel Android.
Fitur baru pertama yang tak boleh dilewatkan pengguna ialah fitur "Archived Chats" alias arsip obrolan di WhatsApp.

Sebab, fitur ini akan membantu pengguna menyembunyikan chat dari seseorang maupun grup yang "kurang penting" dan "mengganggu" dalam satu folder khusus.

Untuk menggunakan fitur "Archived Chats", pengguna tinggal menekan beberapa detik chat yang ingin diarsipkan.

Lalu, klik ikon arsip yang digambarkan dengan gambar sebuah kotak dengan anak panah ke bawah.

Setelah itu, chat akan otomatis pindah ke folder "Archived" atau Arsip yang terletak di atas beranda kontak masuk.

Baca juga: Cara Setop Terima Pesan WhatsApp di Android, Tanpa Matikan Internet dan Hapus Aplikasi

Seluruh chat yang dimasukkan dalam "Archived" tidak akan lagi mengeluarkan notifikasi bunyi, tanda, atau pesan pop-up di WhatsApp pengguna.

Jadi, pengguna bisa berhenti menerima pesan dari seseorang atau grup tanpa perlu memblokir kontak/teman atau keluar dari sebuah grup di WhatsApp.

2. Kirim foto/video sekali lihat

WhatsApp kini juga memungkinkan pengguna untuk mengirim foto dan video yang hanya bisa dilihat satu kali saja oleh penerima pesan.

Setelah itu, Foto/video tersebut akan menghilang dari ruang obrolan, sehingga tidak bisa lagi dilihat oleh penerima maupun pengirim. Ini dimungkinkan dengan adanya fitur baru bernama "View Once".

Untuk menggunakan fitur View Once, pengguna cukup mengeklik ikon angka "1" yang memiliki aksen lingkaran di sekitarnya, yang tersedia di kolom "add caption" saat akan mengirim foto/video.

Berikut langkah selengkapnya:

  • Buka aplikasi WhatsApp di ponsel
  • Pilih satu kontak yang ingin dikirimi foto sekali lihat
  • Di kolom pesan, pengguna bisa memilih foto/video dari galeri lewat ikon attachment, atau bisa juga mengambil foto/video secara langsung dengan ikon kamera
  • Kemudian, pada kolom caption di sisi bawah, pengguna akan menemukan ikon angka "1"
  • Klik ikon tersebut sampai muncul pop up berbunyi "Photo set to view once" (foto diatur sekali lihat)
  • Kemudian, edit foto/video dan sertakan caption yang diinginkan
  • Bila sudah, kirim video atau foto sekali lihat dengan klik ikon "send" (panah ke arah kanan)

Cara kirim foto atau video menggunakan fitur baru View Once di WhatsApp.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara kirim foto atau video menggunakan fitur baru View Once di WhatsApp.
Setelah foto/video dikirim menggunakan fitur View Once, penerima akan menerima kiriman foto/video dan tetap harus mengunduh foto/video terlebih dahulu ketika ingin membukanya.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.