Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Oppo Reno6 Setelah Sebulan Pemakaian, untuk Main Game dan Sehari-hari

Kompas.com - 19/08/2021, 11:03 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Oppo resmi memboyong ponsel Reno6 di Indonesia pertengahan Juli lalu. Suksesor Reno5 tersebut dijual di Tanah Air dengan harga Rp 5,2 juta.

Selama kurang lebih satu bulan, KompasTekno berkesempatan menjadikan ponsel teranyar Oppo ini sebagai perangkat utama alias daily driver, dan berikut kesan-kesan yang didapat selama lebih dari satu bulan memakai Oppo Reno6.

Selain menyoroti kinerja ponsel dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti kinerja kamera, multitasking, baterai, dan sebagainya, KompasTekno juga menyoroti kinerja ponsel ini sebagai perangkat gaming.

Nah, sebelum masuk ke pengujian, penting untuk diketahui seperti apa spesifikasi hardware yang tersemat di dalam Reno6.

Oppo Reno6 ditenagai chipset Snapdragon 720G, "otak" yang juga tertanam di dua generasi Reno sebelumnya (Reno4 dan Reno5), dipadu dengan dengan RAM 8 GB (LPDDR4X) dan memori internal 128 GB (UFS 2.1).

Performa Oppo Reno6 berdasarkan AnTuTu, Geekbench, dan 3DMark Wild Life.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Performa Oppo Reno6 berdasarkan AnTuTu, Geekbench, dan 3DMark Wild Life.

Dengan hardware tersebut, ponsel ini menghasilkan skor benchmark 328.000 poin di aplikasi AnTuTu versi 9, dengan skor single-core 559 poin dan multi-core 1.635 poin di Geekbench versi 5.

Ponsel ini juga mencetak skor performa 1.045 poin dengan frame rate (FPS) 6,30 di platform 3DMark dengan mode pengujian Wild Life.

Baca juga: Review Oppo Reno6 Setelah Sebulan Pemakaian, untuk Main Game dan Sehari-hari

Performa dan game

Secara garis besar, Reno6 bisa dipakai untuk bermain game, bahkan game kekinian yang dikenal "rakus" hardware macam Genshin Impact.

Di ponsel ini, game tersebut bisa berjalan dengan cukup mulus, alias playable dengan pengaturan grafis bawaan (default) "Low".

Meski demikian, akan ada sejumlah animasi yang terlihat patah-patah (stuttering) yang akan pengguna alami, terutama ketika karakter bertemu dengan banyak monster dan banyak efek visual yang ditampilkan di layar.

Di kondisi ini, frame rate akan turun serendah-rendahnya ke angka 15 FPS, dan akan kembali meningkat ke angka maksimal (30 FPS) jika monster tersebut sudah terbunuh.

Tampilan kualitas visual Oppo Reno6 di game Mobile Legends, Genshin Impact, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tampilan kualitas visual Oppo Reno6 di game Mobile Legends, Genshin Impact, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile.

Selain Genshin Impact, kami juga menjajal tiga game lainnya yang bisa dibilang cukup populer di Tanah Air, yaitu Mobile Legends, PUBG Mobile, dan Call of Duty Mobile. Hasilnya, Oppo Reno6 mampu menjalankan ketiga game tersebut dengan cukup baik.

Untuk pengujian Mobile Legends, misalnya, game ini bisa berjalan di pengaturan grafis tertinggi, yaitu dengan mode "HD" dan "HFR" aktif, serta kualitas grafis "Ultra". Angka frame rate sendiri cukup stabil lantaran game ini berjalan mulus di 54-60 FPS.

Baca juga: Membuka Kemasan Oppo Reno6, Ada Apa Saja di Dalamnya?

Kemudian untuk Call of Duty Mobile, kualitas grafis bisa diatur ke opsi "High" dengan frame rate "Max". Di pengaturan ini, game itu bisa dimainkan dengan mulus di frame rate 50 - 60 FPS, angkanya bisa berfluktuasi apabila pengguna sedang berperang.

Di sisi lain, PUBG Mobile sendiri tidak bisa dijalankan di frame rate 60 FPS karena pengaturan grafisnya hanya mentok di "Ultra" (40 FPS), alih-alih "Extreme".

Untuk memainkannya dengan opsi frame rate tersebut, pemain harus menurunkan kualitas grafis ke "Smooth". Reno6 sendiri sebenarnya mendukung kualitas visual "HD", namun frame rate hanya mentok di opsi "High".

Ketika memainkan PUBG Mobile di mode Smooth dan Ultra, frame rate tidak akan konsisten di angka maksimal dan bisa "naik turun" ketika berperang atau suasana sedang ramai, yakni berkisar di angka 32-40 FPS. 

Tampilan angka frame rate di game Mobile Legends, Genshin Impact, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile di Oppo Reno6.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Tampilan angka frame rate di game Mobile Legends, Genshin Impact, Call of Duty Mobile, dan PUBG Mobile di Oppo Reno6.

Perlu dicatat, pengujian bermain game ini mungkin saja berbeda antar-pengguna Reno6. Beberapa hal yang mungkin memengaruhi adalah seperti jumlah aplikasi yang terpasang di ponsel, suhu ruangan, dan lain sebagainya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com