Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intel Pamer Kemampuan Arc, GPU Pesaing GeForce dan Radeon

Kompas.com - 19/08/2021, 17:35 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri kartu grafis (GPU) komputer saat ini praktis hanya dikuasai dua pemain, yakni Nvidia dengan GeForce dan AMD dengan Radeon. Tak lama lagi akan ada penantang baru, yakni Intel dengan Arc.

Dalam sebuah posting di laman situsnya, Intel mengklaim bahwa Arc yang diposisikan sebagai brand seperti GeForce dan Radeon akan menghadirkan kinerja gaming mumpuni dan tampilan visual yang memukau.

Supaya lebih meyakinkan, raksasa chip itu mengunggah sebuah video demonstrasi Arc saat menjalankan aneka game mulai dari Forza Horizon 4, Days Gone, hingga Metro: Exodus. Semuanya terlihat berjalan mulus, meski setting grafis dan resolusinya tidak dijelaskan.

Baca juga: Chip Qualcomm Akan Diproduksi oleh Intel

Sebagai GPU yang menyasar pasaran high-end gaming, Arc bakal mengadopsi arsitektur Xe-HPG, kombinasi dari desain chip Xe LP, HP, dan HPC yang sebelumnya sudah dikembangkan oleh Intel. Generasi pertamanya akan memiliki kode nama "Alchemist".

Potongan adegan game dalam video demonstrasi kemampuan GPU Intel ArcIntel Gaming/ YouTube Potongan adegan game dalam video demonstrasi kemampuan GPU Intel Arc

Arc turut dibekali dukungan fitur-fitur terkini, termasuk ray-tracing, Direct X12, dan "AI Accelerated Super Sampling" yang kemungkinan merupakan teknologi upscaling semacam Nvidia DLSS dan AMD FidelityFX Super Resolution.

Produk GPU Arc dijadwalkan mulai memasuki pasar pada kuartal I-2022. Selain Alchemist, Intel sedang menyiapkan model-model lain berkode nama "Battlemage", "Celestial", hingga "Druid" yang akan menjadi penerus Alchemist secara berurutan.

Baca juga: Daftar Prosesor Terkencang Versi Master Lu, AMD atau Intel Juaranya?

Kode-kode nama GPU tersebut disusun sesuai abjad dan bertema game fantasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari ArsTechnica, Kamis (19/8/2021).

Arc bakal menandai kembalinya Intel ke dunia GPU gaming secara "serius". Pabrikan ini sebenarnya tidak mulai dari nol karena sudah memiliki sejarah panjang soal perancangan kartu grafis yang bisa ditarik ke belakang hingga Intel 740 pada 1998.

Selain itu, beberapa waktu lalu Intel juga sempat merilis seri kartu grafis Iris Xe (DG1) dan Iris Xe Max untuk pabrikan OEM. Banyak pula produk prosesor bikinannya yang turut dibekali chip grafis terintegrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com