Layar Samsung Galaxy Z Fold 3 Pakai Panel Eco Square OLED, Apa Istimewanya?

Kompas.com - 19/08/2021, 19:17 WIB
Layar utama Galaxy Z Fold 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18 sehingga tampak menyerupai perangkat tablet ketika dibentangkan. KOMPAS.com/ OIK YUSUFLayar utama Galaxy Z Fold 3 menggunakan panel Dynamic AMOLED 2x berdiagonal 7,6 inci (2.208 x 1.768, refresh rate 120 Hz) dengan aspect ratio 22,5: 18 sehingga tampak menyerupai perangkat tablet ketika dibentangkan.

KOMPAS.com -Ponsel lipat Galaxy Z Fold 3 membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya, termasuk kamera bawah layar pertama Samsung yang menghuni sisi atas layar utamanya.

Belakangan diumumkan bahwa Galaxy Z Fold 3 ternyata menggunakan panel display model baru, bernama Eco2 (dibaca "Eco Square") OLED, yang memungkinkan implementasi kamera selfie di bawah layar utamanya.

Eco2 OLED memiliki polarizer terintegrasi sehingga tidak membutuhkan lapisan polarizer tambahan yang digunakan untuk mengurangi pantulan cahaya serta meningkatkan kontras di layar OLED konvensional.

Baca juga: Kamera Tersembunyi Galaxy Z Fold 3 Baru Muncul di Layar Saat Selfie, Ini Rahasianya

Dalam sebuah laman di situsnya, Samsung Display menjelaskan Lapisan polarizer biasanya berwarna gelap sehingga perangkat membutuhkan cahaya lebih untuk bisa memberi tampilan jelas di layar.

Dengan meniadakan lapisan ini, Eco2 OLED menaikkan tingkat transmisi cahaya hingga 33 persen sehingga kamera bawah layar bisa bekerja optimal karena mendapat cukup cahaya.

Perbedaan susunan panel OLED biasa dengan lapisan polarizer (kiri) dan susunan panel Eco OLED pada Galaxy Z Fold 3.Samsung Display Perbedaan susunan panel OLED biasa dengan lapisan polarizer (kiri) dan susunan panel Eco OLED pada Galaxy Z Fold 3.
Efek sampingnya, konsumsi daya perangkat diklaim ikut menurun sebesar 25 persen. Layar perangkat pun jadi lebih cerah, sementara baterainya lebih irit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Eco2 OLED adalah terobosan teknologi yang mengurangi konsumsi daya secara signifikan dengan meningkatkan desai panel yang sudah menjadi standar industri selam bertahun-tahun," ujar Presiden dan Kepala Mobile Display Business Samsung Display, Sungchul Kim.

Dia menambahkan konsumsi daya harus ditekan seminim mungkin agar ponsel bisa mengakomodir teknologi-teknologi terkini yang bisa menguras baterai, seperti misalnya koneksi 5G.

Baca juga: Pengalaman Mencoba Stylus S Pen Fold Edition di Galaxy Z Fold 3

Kamera bawah layar sendiri untuk pertama kalinya diterapkan oleh Samsung di Galaxy Z Fold 3 sehingga layar lebar ponsel ini yang berukuran 7,6 inci tak terganggu oleh lubang punch hole maupun notch.

Menurut Kim, kalangan industri ponsel selama ini memang selalu berupaya memaksimalkan rasio layar terhadap bodi smartphone seiring dengan meningkatnya permintaan atas layar yang lebih lebar.

"Ini (kamera bawah layar Samsung) adalah solusi yang paling mendekati layar full-screen sempurna," imbuh Kim, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs Samsung Display, Kamis (19/8/2021).

Baca juga: Fitur Mewah tapi Dijual Lebih Murah, Apa Rencana Samsung untuk Galaxy Z Fold 3?



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.