Kompas.com - 20/08/2021, 06:37 WIB

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, memastikan akan menghapus keberadaan iklan yang muncul di sejumlah aplikasi bawaan ponsel buatan mereka.

Selama beberapa tahun belakangan ini, Samsung kerap menerima kritikan terkait banyaknya iklan yang disertakan di dalam aplikasi bawaan perusaahan. Misalnya pada aplikasi Samsung Weather, Samsung Pay, Samsung Themes, hingga Samsung Health.

Menanggapi kritikan tersebut, Samsung agaknya akan menghapus iklan di sejumlah aplikasi bawaannya itu dalam waktu dekat.

"Samsung telah membuat keputusan untuk menghentikan iklan pada aplikasi bawaan, termasuk Samsung Weather, Samsung Pay, dan Galaxy Theme," kata Samsung dalam sebuah pernyataan kepada outlet media The Verge baru-baru ini.

Ilustrasi iklan yang muncul di aplikasi bawaan Samsung di ponsel Galaxy, seperti di aplikasi Galaxy Themes, Samsung Weather, dan Samsung Pay.9to5Google Ilustrasi iklan yang muncul di aplikasi bawaan Samsung di ponsel Galaxy, seperti di aplikasi Galaxy Themes, Samsung Weather, dan Samsung Pay.

Dalam sebuah rapat internal perusahaan, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh disebut membenarkan bahwa perusahaan memang mencari peluang pertumbuhan baru di bidang konten dan layanan periklanan seperti game dan media.

Baca juga: Bocoran Masif Samsung Galaxy S22, Spesifikasi Kamera hingga Chipset

"Ini dilakukan untuk memperkuat pengalaman ekosistem Galaxy yang terintegrasi. Ini adalah misi terpenting kami untuk berinovasi dalam pengalaman konsumen berdasarkan ini," kata TM Roh.

Kendati demikian, karena adanya kritikan terkait iklan di aplikasi bawaan ini, Samsung akhirnya memutuskan untuk menghapus iklan tersebut.

Samsung mengungkapkan, pembaruan yang berisi pengapusan iklan pada sejumlah aplikasi bawaan perusahaan akan dalam beberapa waktu ke depan.

Menurut laporan outlet media Korea Selatan, Yonhap, penghapusan iklan ini akan digulirkan melalui pembaruan software antarmuka One UI selanjutnya.

Meski demikian, Samsung tidak memberikan tanggal spesifik kapan iklan akan dihapus dari aplikasi bawaannya serta tanggal pembaruan One UI tersebut akan tiba.

Baca juga: Ponsel Lipat Melesat pada 2023, Samsung Diramal Jadi Penguasa

Samsung menegaskan, prioritas perusahaan adalah memberikan pengalaman penggunaan ponsel sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

"Jadi, kami menghargai feedback dari pengguna kami dan melanjutkan komitmen kami untuk memberi mereka pengalaman terbaik dari produk dan layanan ponsel Galaxy kami," kata Samsung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/8/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.