Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Hapus Iklan di Aplikasi Bawaan Ponsel

Kompas.com - 20/08/2021, 06:37 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Vendor smartphone asal Korea Selatan, Samsung, memastikan akan menghapus keberadaan iklan yang muncul di sejumlah aplikasi bawaan ponsel buatan mereka.

Selama beberapa tahun belakangan ini, Samsung kerap menerima kritikan terkait banyaknya iklan yang disertakan di dalam aplikasi bawaan perusaahan. Misalnya pada aplikasi Samsung Weather, Samsung Pay, Samsung Themes, hingga Samsung Health.

Menanggapi kritikan tersebut, Samsung agaknya akan menghapus iklan di sejumlah aplikasi bawaannya itu dalam waktu dekat.

"Samsung telah membuat keputusan untuk menghentikan iklan pada aplikasi bawaan, termasuk Samsung Weather, Samsung Pay, dan Galaxy Theme," kata Samsung dalam sebuah pernyataan kepada outlet media The Verge baru-baru ini.

Ilustrasi iklan yang muncul di aplikasi bawaan Samsung di ponsel Galaxy, seperti di aplikasi Galaxy Themes, Samsung Weather, dan Samsung Pay.9to5Google Ilustrasi iklan yang muncul di aplikasi bawaan Samsung di ponsel Galaxy, seperti di aplikasi Galaxy Themes, Samsung Weather, dan Samsung Pay.

Dalam sebuah rapat internal perusahaan, President and Head of Mobile Communications Business, Samsung Electronics, TM Roh disebut membenarkan bahwa perusahaan memang mencari peluang pertumbuhan baru di bidang konten dan layanan periklanan seperti game dan media.

Baca juga: Bocoran Masif Samsung Galaxy S22, Spesifikasi Kamera hingga Chipset

"Ini dilakukan untuk memperkuat pengalaman ekosistem Galaxy yang terintegrasi. Ini adalah misi terpenting kami untuk berinovasi dalam pengalaman konsumen berdasarkan ini," kata TM Roh.

Kendati demikian, karena adanya kritikan terkait iklan di aplikasi bawaan ini, Samsung akhirnya memutuskan untuk menghapus iklan tersebut.

Samsung mengungkapkan, pembaruan yang berisi pengapusan iklan pada sejumlah aplikasi bawaan perusahaan akan dalam beberapa waktu ke depan.

Menurut laporan outlet media Korea Selatan, Yonhap, penghapusan iklan ini akan digulirkan melalui pembaruan software antarmuka One UI selanjutnya.

Meski demikian, Samsung tidak memberikan tanggal spesifik kapan iklan akan dihapus dari aplikasi bawaannya serta tanggal pembaruan One UI tersebut akan tiba.

Baca juga: Ponsel Lipat Melesat pada 2023, Samsung Diramal Jadi Penguasa

Samsung menegaskan, prioritas perusahaan adalah memberikan pengalaman penggunaan ponsel sesuai kebutuhan dan keinginan konsumen.

"Jadi, kami menghargai feedback dari pengguna kami dan melanjutkan komitmen kami untuk memberi mereka pengalaman terbaik dari produk dan layanan ponsel Galaxy kami," kata Samsung, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (20/8/2021).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com