Facebook Perkenalkan Horizon Workrooms, Aplikasi Kantor Virtual Berbasis VR

Kompas.com - 20/08/2021, 11:08 WIB
Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workrooms engadget.comKantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workrooms
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pekan ini, Facebook memperkenalkan aplikasi terbarunya berupa ruang kantor berbasis virtual reality (VR) yang diberi nama Horizon Workrooms.

Horizon Workrooms menyediakan ruang pertemuan virtual yang dapat digunakan sebagai sarana tatap muka secara online. Aplikasi ini dioperasikan melalui headset Virtual Reality (VR) Oculus Quest 2.

Baca juga: Facebook Luncurkan Headset VR Baru Oculus Quest 2

Partisipan yang berada di ruang rapat virtual akan diilustrasikan dalam bentuk avatar 3D yang tampilannya bisa diubah-ubah sesuai kehendak.

Saat sesi pertemuan berlangsung, pengguna juga dimungkinkan untuk melakukan video call yang nantinya akan dimunculkan dalam layar presentasi virtual.

Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workroomsyoutube/Oculus Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workrooms
Ruangan ini turut menyediakan fasilitas papan tulis yang bisa digunakan untuk menulis materi rapat dengan mengandalkan controller dari Oculus Quest 2.

Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workroomsyoutube/Oculus Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workrooms
Gerakannya pun dapat disesuaikan berdasarkan percakapan yang berlangsung (real-time) atau mengacu pada presentasi yang sedang berjalan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Papan tulis virtual di aplikasi Horizon WorkroomsBlog Oculus Papan tulis virtual di aplikasi Horizon Workrooms

Dengan fitur Spatial Audio, partisipan akan mendengar suara peserta rapat lain sesuai dengan posisi mereka di ruang virtual, entah dari depan, belakang, atau samping.

Horizon Workrooms juga dapat terintegrasi dengan perangkat PC seperti Mac dan Windows melalui aplikasi pendukung bernama Oculus Remote Desktop.

Baca juga: Zuckerberg Ungkap Konten yang Makin Diminati Pengguna Facebook

Dengan begitu, pengguna bisa berbagi file secara virtual dan menulis materi rapat lewat perangkat komputer.

Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workroomsyoutube/Oculus Kantor virtual berbasis VR buatan Facebook, Horizon Workrooms
Setiap ruang rapat akan dilengkapi dengan tautan situs web untuk membantu partisipan apabila mereka ingin mencari topik pembahasan di internet.

Partisipan juga dapat menyinkronkan layanan Outlook atau Google Calendar saat rapat berlangsung, tanpa perlu repot berpindah ke halaman lain.

Dihimpun KompasTekno dari Android Central, Jumat (20/8/2021), Horizon Workrooms dapat menampung 16 hingga 50 orang sekaligus, termasuk partisipan yang bergabung melalui video call.

Baca juga: Facebook dan Google Bangun Kabel Internet Bawah Laut Melintasi Indonesia

Sebagai tahap awal, aplikasi Horizon Workrooms sementara masih tersedia dalam versi beta. Belum ada informasi kapan aplikasi ini akan dirilis secara resmi untuk publik. 

Untuk melihat bagaimana tampilan dari Horizon Workrooms, silakan tonton cuplikan video demonstrasinya di tautan berikut.

 



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.