Telkomsel Luncurkan IoT Envion, Solusi Manajemen Energi Berbasis AI

Kompas.com - 22/08/2021, 12:04 WIB

KOMPAS.com - Telkomsel meluncurkan layanan Internet of Things (IoT) terbaru bernama Energy Visibility Solution (Envion), sebuah solusi berbasis artificial intelligence (AI) untuk otomasi dan optimasi sistem manajemen energi bagi segmen korporasi.

Telkomsel IoT Envion dapat memberikan peringatan serta memiliki fungsi sistem mitigasi, sehingga konsumsi energi tetap dapat dioptimalkan oleh perusahaan apabila terjadi kerusakan pada genset atau cadangan baterai.

Peluncuran Telkomsel IoT Envion dibarengi penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Telkomsel dengan Telkominfra yang akan menggunakan solusi IoT Envion untuk kebutuhan dukungan Data Center perusahaan, pertengahan Agustus 2021 ini.

Baca juga: 14.000 Gerai Alfamart Terhubung oleh Solusi IoT Telkomsel

Telkominfra akan menggunakan solusi Battery Monitoring System (BMS) dari Telkomsel IoT Envion, untuk mendukung kebutuhan Data Centernya, yang keberlangsungannya sangat bergantung pada ketersediaan dan stabilitas energi listrik.

BMS merupakan sistem yang dapat memperlihatkan kondisi cadangan baterai Data Center Telkominfra secara real time hingga memberikan laporan secara aktual berdasarkan analisis data secara akurat.

Teknologi IoT Envion juga dapat dimanfaatkan beragam jenis sektor, mulai dari operator telekomunikasi, industrial park dan manufacture, tower provider, bank, finance, retail hingga penyedia data center.

Insiden semacam genset atau cadangan baterai yang tak dapat berfungsi baik, potensi pencurian daya, hingga tagihan listrik yang terlalu membebani biaya operasional dapat terhindarkan dengan pemanfaatan solusi inovatif dari Telkomsel IoT tersebut.

Baca juga: Internet Biznet dan Telkomsel Paling Kencang di Indonesia Versi Speedtest

"Sejauh ini Telkominfra menggunakan product Telkomsel IoT Envion untuk mendukung operasional project Power Solution dan Infra Network Services dengan hasil yang cukup baik," kata Direktur Utama Telkom Infra Bastian Sembiring.

"Semoga kehadiran solusi berbasis IoT dapat membantu kelancaran operasional serta membuka peluang dan kemungkinan dalam mengelola efisiensi dan efektifitas operasional korporasi dan industri," ujar Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangannya, Minggu (22/8/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.