Kompas.com - Diperbarui 02/09/2021, 09:53 WIB


KOMPAS.com - WhatsApp memiliki fitur bernama Disappearing Messages yang memungkinkan pengguna mengirim pesan teks yang dapat terhapus dengan sendirinya.

Fitur tersebut sejatinya dirilis untuk menjaga privasi pengguna WhatsApp agar tidak perlu repot-repot menghapus pesan secara satu per satu.

Namun, fitur ini memiliki kekurangan. Sebab pengguna harus menunggu hingga tujuh hari sampai pesan tersebut terhapus otomatis.

Sampai saat ini, WhatsApp pun belum memiliki fitur untuk mengirim pesan teks yang bisa terhapus secara langsung setelah penerima melihat pesan tersebut.

Kendati demikian, ada suatu cara untuk mengakali hal tersebut. Pengguna dapat memanfaatkan fitur lain di WhatsApp yang bernama "View Once" atau sekali lihat.

Baca juga: Cara Ubah Huruf di WhatsApp Jadi Miring, Tebal, dan Dicoret

Fitur ini sejatinya hanya bisa digunakan saat mengirim foto atau video saja, bukan pesan teks.

Ketika menggunakan fitur ini, foto atau video yang dikirim akan terhapus langsung setelah pesan tersebut dilihat penerima.

Nah, meski hanya berlaku untuk foto dan video, pengguna bisa menuliskan caption dalam video atau foto yang dikirim. Inilah yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengirim pesan teks sekali lihat.

Dengan memanfaatkan fitur View Once, pengguna dapat mencantumkan teks yang cukup panjang pada lampiran foto atau video yang dikirim. Pengguna bisa menuliskan pesan apapun yang dikehendaki.

Nantinya setelah penerima membuka pesan tersebut, teks yang ditulis akan ikut terhapus secara otomatis bersama dengan foto atau video yang dikirimkan menggunakan fitur View Once ini.

Baca juga: Akhirnya, WhatsApp Web dan Desktop Bisa Edit Gambar Sebelum Dikirim

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Wired


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.