Video Samsung Ungkap Rahasia Ketangguhan Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3

Kompas.com - 23/08/2021, 07:12 WIB
Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 CNETSamsung Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Samsung merilis video singkat yang mengungkap rahasia daya tahan dan proses konstruksi dari dua perangkat lipat terbarunya yaitu, Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Video ini menampilkan beberapa engineer Samsung Electronics yang tergabung dalam tim Advanced-CMF (Color, Material, Finish), Advanced Mechanical R&D Group, dan Product Mechanical R&D Group.

Ketiga engineer Samsung Electronics tersebut adalah Changyoun Hwang, Wonhee Choi, dan Jongmin Kang. Dalam video berdurasi sekitar 6 menit itu, Changyoun Hwang membahas soal frame dan engsel pada Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Flip 3.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy Z Fold 3 Pakai Panel Eco Square OLED, Apa Istimewanya?

Menurut Hwang, ponsel lipat terbarunya itu dibuat dari tiga bagian yang berbeda, yaitu dua bagian ponsel dan satu bagian engsel. Baik frame maupun engsel ponsel sama-sama dibuat dari bahan dasar Armor Aluminum yang lebih tangguh dibandingkan logam aluminium biasa.

Untuk membuktikannya, Hwang membenturkan dua lempengan yang terbuat dari masing-masing jenis logam itu. Terlihat Armor Aluminum tetap mulus, selentara logam aluminium biasa tergores.
 
Hwang mengatakan Samsung membuat Armor Aluminum dengan cara mencampur aluminium dan elemen-elemen logam lain untuk membuatnya jadi lebih kuat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Seperti beton bertulang di gedung-gedung, elemen logam (lain) ditambahkan untuk meningkatkan ketangguhannya," ujar Hwang.

Samsung membekali Galaxy Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 dengan fitur tahan air IPX8Samsung Samsung membekali Galaxy Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3 dengan fitur tahan air IPX8

Dua engineer lain, Wonhee Choi, dan Jongmin Kang, membahas soal cara membuat Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 tahan air. Kedua ponsel ini memiliki sertifikasi IPX8 yang berarti tahan direndam di air sedalam 1,5 meter selama 30 menit.

Menurut Kang, salah satu tantangan mengembangkan water resistance untuk ponsel lipat adalah bentuknya yang terdiri dari dua bagian layar dan terhubung dengan kabel flexible PCB. Kabel disalurkan melewati bagian engsel yang tidak bisa dibuat kedap air.

Baca juga: Teknologi di Balik Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 yang Tahan 30 Menit Dalam Air

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari GSM Arena, Senin (23/8/2021), untuk melindungi komponen-komponen di dalam engsel, Samsung melapisinya dengan solusi (cairan) anti-karat khusus yang dikembangkan sendiri.

"Kami menggunakan solusi dan lubricant yang memberikan perlindungan dari air, sehingga bagian engsel tidak akan berkarat meskipun basah," ujar Kang.

Selengkapnya, video Samsung tentang konstruksi Armor Aluminum dan water resistance ponsel lipat dapat dilihat di tautan berikut.



Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.