Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Harga Ganti Layar Ponsel Lipat Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3?

Kompas.com - 23/08/2021, 10:29 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber GSM Arena

KOMPAS.com - Pengalaman menggunakan ponsel layar lipat seperti Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3, memang menarik karena terbilang masih sangat baru.

Samsung pun saat ini tengah berupaya memasyarakatkan ponsel layar lipat dengan menerapkan strategi harga yang lebih terjangkau dari ponsel pendahulunya.

Sebagai suksesor dari Galaxy Z Fold 2 dan Galaxy Z Flip, kedua ponsel itu membawa sejumlah peningkatan, baik dari segi desain hingga spesifikasi yang diusung.

Harganya memang lebih murah dari pendahulunya, namun, bagaimana dengan biaya servis kedua ponsel lipat ini, khususnya bagian layar?

Untuk mengganti layar utama di bagian dalam Galaxy Z Fold 3, harga yang dipatok berkisar 480 dollar AS atau sekitar Rp 6,9 juta (kurs Rp 14.400). Sementara layar bagian luar, harganya lebih murah, yakni 150 dollar AS (sekitar Rp 2,1 juta).

Jika ditotal, penggantian seluruh layar Galaxy Z Fold 3 kira-kira menghabiskan dana sebesar Rp 9 juta.

Baca juga: Layar Samsung Galaxy Z Fold 3 Pakai Panel Eco Square OLED, Apa Istimewanya?

Biaya itu kurang lebih sama dengan servis layar Galaxy Z Fold 2, di mana penggantian layar utamanya mencapai 550 dollar AS dan layar sekunder sebesar 140 dollar AS.

Akan tetapi, jika dibanding Galaxy Z Fold generasi pertama, harga servis layar Galaxy Z Fold 2 dan Fold 3 terhitung lebih murah.

Kala itu, biaya ganti layar Galaxy Z Fold pertama dibanderol 600 dollar AS untuk layar utama dan 140 dollar AS untuk layar sekunder.

Sementara untuk Galaxy Z Flip 3, biaya servis layar bagian dalam dipatok 370 dollar AS (sekitar Rp 5,3 juta). Sedangkan layar sekunder mini berbentang 1,9 inci yang terletak di cangkang atas, biaya servisnya mencapai 100 dollar AS (sekitar Rp 1,4 juta).

Sehingga jika ditotal, reparasi layar Galaxy Z Flip3 akan menghabiskan biaya sekitar Rp 6,7 jutaan.

Harga tersebut lebih murah dibanding Galaxy Z Flip generasi pertama, di mana harga servis layar utama mencapai 500 dollar AS dan 100 dollar AS untuk layar sekunder, sebagaimana KompasTekno himpun dari GSM Arena, Senin (23/8/2021).

Biaya servis di Indonesia?

Harga di atas merupakan patokan biaya servis layar ponsel lipat Samsung di Amerika Serikat. Lantas, bagaimana di Indonesia?

Dari pantauan KompasTekno di situs resmi Samsung Indonesia, belum tersedia harga suku cadang penggantian layar Galaxy Z Fold 3 dan Galaxy Z Flip 3.

Sebagai gambaran, servis layar Galaxy Z Fold generasi pertama untuk layar utama dan layar luar masing-masing seharga Rp 8,6 jutaan dan Rp 1,4 jutaan.

Baca juga: Harga Samsung Galaxy Z Fold 3 dan Z Flip 3 di Indonesia

Halaman:
Sumber GSM Arena


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com