Kompas.com - 23/08/2021, 16:13 WIB
ilustrasi aplikasi Video Conference Zoom 3 CNETilustrasi aplikasi Video Conference Zoom 3

KOMPAS.com - Platform video telekonferensi Zoom dilaporkan down (tumbang) pada Senin (23/8/2021) sore WIB.

Keluhan Zoom down menjejali jejaring sosial Twitter. Sebagian besar mengaku bahwa mereka tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut, termasuk bergabung dalam ruangan meeting virtual, memulai pertemuan, dan lain sebagainya.

Sebagian juga mengaku mereka tidak bisa masuk ke dalam akun Zoom dan diblokir dari ruangan virtual atau pembelajaran online yang sedang berlangsung.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Zoom Saat Belajar Online

Berdasarkan situs downdetector.id, laporan Zoom down terlihat mulai sekitar pukul 14.00 WIB, dan pada pukul 14.46 WIB, terdapat sekitar 143 laporan terkait masalah pada platform video telekonferensi tersebut.

Gangguan Zoom di situs Downdetector.id.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Gangguan Zoom di situs Downdetector.id.

KompasTekno pun sempat mengalami masalah ini, ketika ingin memulai meeting, ruangan virtual ternyata tidak bisa dimasuki meski aplikasi Zoom sudah diperbarui.

Baca juga: Fitur Baru Zoom Bisa Cegah Siswa Saling Ganggu Saat Belajar Online

Bukannya masuk ke dalam ruangan, kami disuguhkan dengan tampilan "Waiting for the host to start this meeting". Padahal, si pembuat ruangan (host) sudah menekan tombol untuk memulai ruangan virtual tersebut.

Pihak Zoom sendiri sudah mengonfirmasi dan mengetahui masalah Zoom down yang dikeluhkan penggunanya, dan sedang melakukan investigasi.

"Mohon maaf atas ketidaknyamanannya," tulis Zoom.

Untuk mengetahui status layanan Zoom apakah sudah normal atau belum, kunjungi tautan berikut ini.

Update: Layanan Zoom berangsur normal pukul 16.38 WIB.

"Kami telah mengatasi masalah yang menyebabkan sebagian pelanggan mengalami kesulitan saat bergabung ke live meeting," tulis Zoom di akun Twitter resminya.

 

Baca juga: Zoom Escaper, Aplikasi Unik untuk Kabur dari Rapat Zoom

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.