Cara Menghemat Kuota Data Saat Menonton Video YouTube

Kompas.com - 23/08/2021, 17:31 WIB
Ilustrasi YouTube cnet.comIlustrasi YouTube
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna YouTube bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton konten video yang ada di platform tersebut. Penonton kerap menyaksikan tayangan live streaming atau melihat konten video lainnya.

Hal ini tak menjadi masalah apabila menggunakan Wi-Fi atau paket internet yang tidak membatasi pemakaian data. Beda halnya apabila pengguna mengandalkan koneksi seluler di smartphone atau tablet yang kuota datanya terbatas.

Baca juga: YouTube Punya Kendali Gestur Baru, Bisa Lompati Chapter dalam Video

Untungnya, YouTube menyediakan fitur yang bisa membantu pengguna untuk menghemat kuota data internet mereka saat menonton , yakni dengan cara mengatur kualitas video. Caranya sebagai berikut. 

  • Saat sedang menonton video, klik ikon tiga titik di pojok kanan atas tampilan layar.
  • Klik opsi "Quality". Di sini ada beberapa opsi yang bisa dipilih. Pilihan default biasanya adalah "Auto" yang akan menampilkan kualitas video sesuai kecepatan koneksi internet pengguna, tapi bisa boros kuota data.
  • Untuk menghemat pemakaian data, pilih opsi "Data saver" yang akan menyajikan gambar berkualitas lebih rendah, tapi lebih irit kuota.
  • Anda juga bisa memilih opsi "Advanced" untuk memilih sendiri tingkat resolusi yang diinginkan. Semakin rendah, maka kualitasnya semakin turun, namun konsumsi datanya semakin sedikit pula.

Cara menghemat pemakaian data internet saat menonton video YouTube9to5google.com Cara menghemat pemakaian data internet saat menonton video YouTube

Selain lewat video yang sedang ditonton, Anda juga bisa mengatur preferensi kualitas video lewat opsi "Video quality preferences". Caranya seperti dirangkum KompasTekno, Senin (23/8/2021) di bawah ini.

  • Buka laman beranda aplikasi YouTube.
  • Klik ikon profil yang ditandai foto pengguna di pojok kanan atas layar.
  • Klik "Settings", lalu pilih "Video Quality Preferences".

    Baca juga: Cara Download Video YouTube di Ponsel untuk Menghemat Kuota Data

    Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
    Daftarkan email

  • Di sini pengguna bisa memilih preferensi kualitas video berdasarkan jenis sambungan internet.
  • Misalnya, pengguna dapat memilih untuk hemat kuota saat menggunakan internet seluler, serta menonton video dengan kualitas lebih tinggi ketika tersambung ke jaringan Wi-Fi.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.