Cara Kirim Pesan Hilang Otomatis di Facebook Messenger

Kompas.com - 23/08/2021, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Saat ini, berkirim pesan melalui aplikasi perpesanan instan sudah menjadi salah satu cara utama dalam berkomunikasi.

Namun, ada kalanya, pengguna perlu mengirim pesan bersifat sensitif, pribadi, atau rahasia, dan tak ingin pesan tersebut tersimpan selamanya di riwayat percakapan.

Nah, sebagian besar aplikasi perpesanan instan sudah membekali layanannya dengan fitur "disappearing messages" alias pesan yang bisa hilang secara otomatis.

Di Facebook Messenger sendiri, pengguna bisa mengirim pesan yang bisa hilang otomatis melalui fitur "Secret Chat" (percakapan rahasia).

Baca juga: Cara Mematikan Tanda Read di WhatsApp, Facebook Messenger, dan iMessage

Jadi, pengguna tak perlu repot-repot menghapus pesan "rahasia" satu per satu dari riwayat obrolan.

Di Secret Chat, pengguna bisa menyetel lama waktu (durasi) pesan akan menghilang dari ruang obrolan setelah dilihat pengguna, yakni mulai dari 5 detik, 10 detik, 30 detik, 1 menit, 5 menit, 10 menit, 30 menit, 1 jam, 6 jam, 12 jam, hingga 1 hari.

Misalnya, saat pengguna memilih durasi 1 menit, maka pesan yang dikirim menggunakan fitur "disappearing messages" ini akan otomatis menghilang dalam kurun waktu 1 menit sejak dilihat oleh penerima pesan.

Cara kirim pesan hilang otomatis di Facebook Messenger

Cara kirim pesan hilang otomatis melalui fitur Secret Chat di Facebook Messenger.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara kirim pesan hilang otomatis melalui fitur Secret Chat di Facebook Messenger.
Namun perlu dicatat, sebelum bisa mengirim pesan hilang otomatis di Secret Chat, pengguna perlu meminta penerima pesan untuk juga mengaktifkan fitur percakapan rahasia di akun Facebook Messenger miliknya.

Bila sudah diaktifkan, maka pengguna bisa leluasa mengirim pesan hilang otomatis di Secret Chat. Sebaliknya, bila penerima pesan belum mengaktifkan Secret Chat, maka pesan tidak dapat dikirim.

Baca juga: Trik Sederhana Mengirim Pesan Teks yang Bisa Langsung Terhapus di WhatsApp

Selain bisa berkirim pesan yang bisa hilang otomatis, Secret Chat yang dirilis sejak 2016 ini juga sudah dibekali dengan lapisan keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption, E2EE).

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.