Aturan E-Sports PBESI di Indonesia Hanya Berlaku untuk Game Terdaftar

Kompas.com - 24/08/2021, 09:02 WIB
Ilustrasi bermain game online (dok.shutterstock/sezer66) Ilustrasi bermain game online
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengurus Besar E-sports Indonesia (PBESI) resmi merilis regulasi untuk mengawasi pelaksanaan kegiatan e-sports di Indonesia beberapa waktu lalu.

Regulasi tersebut tercantum dalam dokumen Peraturan Pengurus Besar Esports Indonesia Nomor: 034/PB-ESI/B/VI/2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Esports di Indonesia yang terdiri dari 46 pasal.

Sekjen PBESI, Frengky Ong mengatakan bahwa peraturan tersebut hanya berlaku bagi judul-judul game yang terdaftar di PBESI saja, bukan semua game yang dirilis di Indonesia secara keseluruhan.

Sehingga, developer atau publisher bisa dibilang masih bebas untuk meluncurkan game buatannya di Indonesia.

Baca juga: PBESI Rilis Aturan E-sports di Indonesia, Penerbit Game Wajib Daftar

"Peraturan itu adalah untuk mengatur rumah pengurus besar e-sports indonesia, jadi bukan peraturan Republik Indonesia," ujar Frengky dalam konferensi pers virtual bertajuk "Eksibisi Esports PON XX Papua 2021", Rabu (18/8/2021).

Frengky lantas mengibaratkan peraturan PBESI dengan peraturan PSSI, federasi sepak bola Indonesia yang mengatur regulasi di "rumah" mereka sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, siapapun yang termasuk di dalam keluarga PBESI tentunya akan terikat dalam peraturan itu, (termasuk) game-game yang nanti akan mendaftar di PBESI," imbuh Frengky.

Frengky menambahkan, peraturan PBESI sendiri merupakan turunan dari Undang-undang Nomor 3 Tahun 2004 tentang Sistem Olahraga Nasional, di mana semua liga olahraga itu ada di bawah naungan pengurusnya (PB) masing-masing.

Adapun PBESI, selaku organisasi, bisa membuat regulasi e-sports ini karena diklaim telah ditunjuk oleh pemerintah Indonesia untuk mengatur ekosistemnya di Tanah Air, termasuk menjadikannya sebagai olahraga prestasi.

Dikritik gamer Indonesia

Ilustrasi tangkapan layar laman petisi di situs web Change.org.KOMPAS.com/BILL CLINTEN Ilustrasi tangkapan layar laman petisi di situs web Change.org.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.