Kapan Waktu yang Tepat untuk Cas Baterai Ponsel?

Kompas.com - 24/08/2021, 11:05 WIB
Aksesori charger dan kabel yang ada di dalam kemasan penjualan Samsung Galaxy A72 KOMPAS.com/ OIK YUSUFAksesori charger dan kabel yang ada di dalam kemasan penjualan Samsung Galaxy A72

KOMPAS.com - Apakah Anda kerap mengisi daya baterai (cas/charge) ponsel semalaman? Bagi sebagian orang, kebiasaan ini mungkin tergolong praktis.

Karena dengan mengecas baterai ponsel sebelum tidur, maka mereka dapat bangun di pagi hari dengan kondisi baterai ponsel yang terisi penuh.

Namun, tahukah Anda bahwa kebiasaan ini dapat mengurangi umur baterai ponsel? Meski sepele, namun aktivitas mengisi daya baterai ponsel (charge) ternyata ada panduannya juga.

Baca juga: Nokia Ikut Jual Ponsel Tanpa Charger

Saat ini, para vendor ponsel telah membekali ponsel buatan mereka dengan baterai berbahan lithium ion. Nah, ada beberapa kondisi yang dapat memengaruhi umur baterai jenis ini, termasuk pola pengecasan.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk cas HP atau ponsel Anda?

Jangan isi baterai semalaman

Waktu terbaik yang dianjurkan untuk mengisi daya ponsel adalah ketika baterai sudah berada di kisaran angka 30-90 persen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usahakan untuk tidak mengisi daya hingga mencapai angka 100 persen. Apabila daya sudah terisi penuh, namun ponsel masih sedang dalam keadaan di-charge, maka ponsel akan berusaha untuk tetap mengisi daya baterai.

Sebab ketika daya baterai sudah mencapai 100 persen, ponsel akan menghentikan proses charging. Hal ini mengakibatkan daya ponsel naik-turun dari angka 99 ke 100 persen dan sebaliknya.

Jika dibiarkan secara terus-menerus, maka proses ini dapat mengurangi umur (life-cycle) dari baterai ponsel.

Baca juga: Malah Bikin Boros, Jangan Pakai Cara Ini untuk Menghemat Baterai Android

Baterai ponsel memiliki umur penggunaan yang optimal tiga hingga lima tahun, atau antara 500 hingga 1.000 kali siklus (cycle) pengisian daya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Tech Advisor, Senin (28/8/2021).

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.