Oppo MagVOOC, Teknologi Cas Nirkabel Pesaing MagSafe Apple

Kompas.com - 24/08/2021, 17:34 WIB
Tampang MagVOOC ultra-thin flash charger. Oppo IndonesiaTampang MagVOOC ultra-thin flash charger.

KOMPAS.com - Teknologi pengisian daya cepat nirkabel untuk smartphone kini menjadi perhatian para vendor ponsel. Ini terlihat dari vendor ponsel yang mulai merilis teknologi pengisian daya cepat nirkabel garapan perusahaan ke pasaran.

Misalnya seperti Apple yang merilis MagSafe, Realme dengan MagDart, dan Xiaomi dengan wireless charging pad.

Tak ingin ketinggalan, Oppo juga mengungkap rangkaian teknologi pengisian daya cepat magnetis (magnetic flash charging) dengan brand MagVOOC, yang mirip dengan MagSafe Apple dan MagDart Realme.

Baca juga: Mengenal Fungsi dan Aksesori MagSafe yang Hadir Kembali di iPhone 12

Ada tiga konsep produk MagVOOC yang diungkap Oppo dalam acara China International Smart Industry Expo 2021, baru-baru ini. Ketiganya adalah MagVOOC ultra-thin flash charger, MagVOOC wireless power bank, dan MagVOOC wireless flash charging stand.

Tiga produk MagVOOC

Pertama, Oppo memperkenalkan MagVOOC ultra-thin flash charger yang mengadopsi desain terpisah antara pemancar coil dan mainboard, sehingga membuat pengisi daya ini tampil lebih tipis.

Desain terpisah ini juga disebut dapat mencegah panas yang dihasilkan oleh papan utama ikut berpindah ke smartphone. Dengan begitu, panas tidak akan berpengaruh pada kecepatan pengisian daya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desain ini berbeda dengan teknologi pengisian daya nirkabel magnetik MagDart dari Realme, yang membutuhkan kipas untuk membuang panas.

Oppo MagVOOC wireless power bank.Oppo Indonesia Oppo MagVOOC wireless power bank.
Kedua, ada MagVOOC wireless power bank. Oppo menggambarkan power bank ini sebagai "baterai eksternal" ponsel yang sudah berstandar Qi wireless charging.

Power bank MagVOOC dapat mendukung pengisian nirkabel (wireless charging) dengan daya 20W dan pengisian kabel (wired charging) berdaya 10W. Power bank ini disebutkan dapat mengisi baterai ponsel 4.500 mAh hanya dalam waktu dua jam.

Baca juga: Realme Luncurkan MagDart, Pengisi Daya Nirkabel Mirip MagSafe Apple

Meski demikian, Oppo tidak menjelaskan dengan spesifik ponsel tersebut diisi dengan opsi wireless/wired charging dan tidak menjabarkan berapa persen daya ponsel yang berhasil diisi dalam kurun waktu tersebut.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.