Langka, Gimbot "Donkey Kong" Edisi Khusus Laku Rp 131 Juta

Kompas.com - 25/08/2021, 10:32 WIB
Ilustrasi konsol Game & Watch edisi khusus yang terjual dengan harga 1 juta Yen (sekitar Rp 131 juta). Twitter/beforemarioIlustrasi konsol Game & Watch edisi khusus yang terjual dengan harga 1 juta Yen (sekitar Rp 131 juta).

KOMPAS.com - Sebuah gimbot (Game & Watch) retro terjual dengan harga yang fantastis. Kali ini, gimbot "Donkey Kong" terjual dengan harga 1 juta Yen atau sekitar Rp 131 juta di situs lelang Yahoo Jepang.

Game & Watch yang terjual kali ini merupakan konsol edisi khusus, yang diproduksi dalam jumlah terbatas pada tahun 1982, untuk memperingati penjualan "gimbot" yang menembus angka 20 juta unit.

Bedanya dengan seri reguler, Game & Watch edisi khusus ini memiliki desain yang unik. Bagian depan konsol dilapisi plakat logam dengan gambar ilustrasi tiga tokoh petinggi Nintendo, yakni Gunpei Yokoi, Hiroshi Momose, dan Naoto Ishida.

Baca juga: Nintendo Siapkan Gimbot Edisi 35 Tahun Super Mario Bros

Untuk game yang disertakan dalam konsol ini adalah "Donkey Kong", game yang menampilkan petualangan karakter gorila bernama Donkey Kong.

Konsol Game & Watch beserta kotak penjualannya.Twitter/beforemario Konsol Game & Watch beserta kotak penjualannya.

Game & Watch hadir sebagai salah satu seri konsol genggam yang populer di tahun 1980-an. Konsol bikinan Nintendo ini terdiri dari sebuah layar LCD dan sejumlah tombol yang dilengkapi dengan jam serta alarm.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak diketahui secara pasti berapa banyak jumlah konsol Game & Watch edisi khusus yang telah diproduksi. Konon, jumlahnya disebut hanya tiga hingga 50 unit, menurut John Hardie selaku Direktur National Video Game Museum di Frisco, Texas.

Baca juga: Konsol Nintendo Switch Bakal Jadi Barang Langka

"Mungkin ada 50 konsol yang sudah diproduksi? Jika saya harus menebak, saya akan mengatakan ada lebih dari tiga yang dibuat (satu untuk masing-masing orang yang tertera di plakat), tetapi sekali lagi, itu hanyalah sebuah tebakan," ungkap Hardie.

Untuk sebagian orang, konsol game retro merupakan jenis barang langka yang masih layak untuk dikoleksi. Tingginya nilai jual yang dimiliki konsol ditaksir berdasarkan tingkat kelangkaan dan kualitas yang dimiliki game.

Salah satu game retro yang cukup populer untuk dikoleksi adalah seri game dari Nintendo. Beberapa waktu lalu, "kaset" game Super Mario 64 laku terjual dengan harga mencapai 1,56 juta dollar AS (sekitar Rp 22,6 miliar).

Sementara satu buah kopi game Legend of Zelda berhasil dijual dengan harga 870.000 dollar AS (sekitar Rp 12,5 miliar), sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Engadget, Rabu (25/8/2021).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.