Google Meet Akan Beritahukan Pengguna jika Suaranya Bergema

Kompas.com - 25/08/2021, 12:35 WIB
Ilustrasi Google Meet techradar.comIlustrasi Google Meet

KOMPAS.com - Ketika melalukan rapat virtual, audio adalah salah satu aspek penting. Sebab bila bermasalah, peserta rapat yang lain akan kesulitan menangkap pesan yang Anda sampaikan.

Salah satu masalah audio yang kerap ditemui pengguna ketika melakukan rapat virtual adalah suara bergema (echoing). Saat audio bergema, suara pengguna akan memantul setelah selesai diucapkan, sehingga menciptakan suara yang saling tumpang tindih.

Sayangnya, pengguna biasanya kesulitan mendeteksi bila suaranya bergema saat rapat. Jadi kebanyakan, pengguna akan diberitahu oleh peserta rapat lainnya bahwa audionya bergema.

Baca juga: Cara Menghemat Kuota Data Google Meet Saat Belajar Online

Untuk mengatasi masalah itu, Google selaku pemiliki platform video conferencing Meet, meluncurkan fitur baru yang dapat memberitahu pengguna secara otomatis bila terdeteksi masalah audio bergema.

Fitur baru ini berupa notifikasi dengan pesan berbunyi "You're causing echo" yang muncul dengan tanda titik merah pada ikon titik tiga vertikal.

Google Meet punya fitur notifikasi baru untuk kasih tahu pengguna bahwa audionya bergema.Google Google Meet punya fitur notifikasi baru untuk kasih tahu pengguna bahwa audionya bergema.
"Dengan meng-klik notifikasi, pengguna akan diarahkan ke laman Help Center, dan dapat menemukan langkah-langkah rekomendasi untuk membantu mencegah gema," tulis Google, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Blog Google, Rabu (25/8/2021).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di laman Help Center, pengguna bisa mendapatkan tiga rekomendasi untuk mengatasi gema ketika rapat Google Meet. Cara mengurangi gema atau echo saat telekonferensi yang disarankan Google adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan headset
  • Mengecilkan suara volume speaker
  • Mute audio saat tidak berbicara

Fitur baru untuk mendeteksi echo akan aktif (on) secara default untuk seluruh pengguna akun Google, termasuk pelanggan Google Workspace, G Suite Basic dan Business.

Baca juga: Cara Mute Mikrofon Google Meet di Laptop dan Ponsel

Google mengatakan, fitur notifikasi untuk mencegah masalah audio echo pada Google Meet ini sudah mulai disalurkan secara bertahap mulai 23 Agustus hingga 15 hari ke depan.

Pengguna Google Meet akan mulai melihat notifikasi ini bila terdeteksi masalah gema pada audionya dalam waktu dekat.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.