Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Uji Coba Tampilan Baru di Android, Begini Penampakannya

Kompas.com - 25/08/2021, 13:03 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber WABetaInfo

KOMPAS.com - WhatsApp nampaknya berencana mengubah tampilan antar muka aplikasinya untuk platform Android.

Situs WABetaInfo yang sering membocorkan fitur baru WhatsApp mengungkapkan bahwa antarmuka baru tersebut ditemukan di aplikasi WhatsApp beta untuk Android, tepatnya versi beta 2.21.18.1.

Baca juga: WhatsApp Beta Dirilis untuk Windows dan MacOS, Fitur Baru Bisa Dijajal Sebelum Resmi Hadir

Perubahan yang kentara adalah dari segi warna. Di kolom obrolan (chat) misalnya, terlihat bahwa WhatsApp telah mengganti warna hijau pada bilah navigasi menjadi lebih terang.

Sebaliknya, pada mode gelap (dark mode), tampilan background pada ruang obrolan diubah menjadi berwarna lebih gelap.

Ilustrasi tampilan bilah navigasi memiliki warna hijau yang lebih terang.WABetaInfo Ilustrasi tampilan bilah navigasi memiliki warna hijau yang lebih terang.

Hal serupa juga terjadi pada bubble chat dan tombol kirim (send) yang terdapat pada aplikasi. WhatsApp diketahui telah mengubah kedua elemen tersebut dengan warna hijau yang lebih gelap.

Sejumlah indikator lain seperti wallpaper, lingkaran pada pembaruan status, dan ikon share juga diprediksi akan mengusung perubahan warna yang senada.

Tampilan baru WhatsApp terlihat mengusung aksen warna yang lebih gelap.WABetaInfo Tampilan baru WhatsApp terlihat mengusung aksen warna yang lebih gelap.
Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (25/8/2021),  selain mengubah pemilihan warna, WhatsApp turut membawa beberapa pembaruan lain seperti mengembalikan informasi tanggal pembuatan grup chat dan indikator teks "Type a message" menjadi "Message".

Karena masih tahap uji coba, besar kemungkinan bahwa WhatsApp masih akan melakukan penyesuaian sebelum membawa pembaruan tampilan ini ke versi final.

Baca juga: Twitter Rombak Tampilan, Ganti Jenis Huruf di Aplikasi dan Web

Perubahan tampilan yang dilakukan WhatsApp nampak hampir serupa seperti yang dilakukan Twitter pada beberapa waktu lalu.

Tak hanya dari segi warna, Twitter juga telah mengubah penggunaan jenis huruf (font) yang digunakan.

Ironisnya, hal ini justru mengundang kritik dari pengguna. Tak sedikit yang mengaku bahwa tampilan baru ini membuat mereka pusing saat mengakses Twitter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber WABetaInfo


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com