WhatsApp Uji Coba Tampilan Baru di Android, Begini Penampakannya

Kompas.com - 25/08/2021, 13:03 WIB
Ilustrasi chat WhatsApp. Phone ArenaIlustrasi chat WhatsApp.

KOMPAS.com - WhatsApp nampaknya berencana mengubah tampilan antar muka aplikasinya untuk platform Android.

Situs WABetaInfo yang sering membocorkan fitur baru WhatsApp mengungkapkan bahwa antarmuka baru tersebut ditemukan di aplikasi WhatsApp beta untuk Android, tepatnya versi beta 2.21.18.1.

Baca juga: WhatsApp Beta Dirilis untuk Windows dan MacOS, Fitur Baru Bisa Dijajal Sebelum Resmi Hadir

Perubahan yang kentara adalah dari segi warna. Di kolom obrolan (chat) misalnya, terlihat bahwa WhatsApp telah mengganti warna hijau pada bilah navigasi menjadi lebih terang.

Sebaliknya, pada mode gelap (dark mode), tampilan background pada ruang obrolan diubah menjadi berwarna lebih gelap.

Ilustrasi tampilan bilah navigasi memiliki warna hijau yang lebih terang.WABetaInfo Ilustrasi tampilan bilah navigasi memiliki warna hijau yang lebih terang.

Hal serupa juga terjadi pada bubble chat dan tombol kirim (send) yang terdapat pada aplikasi. WhatsApp diketahui telah mengubah kedua elemen tersebut dengan warna hijau yang lebih gelap.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejumlah indikator lain seperti wallpaper, lingkaran pada pembaruan status, dan ikon share juga diprediksi akan mengusung perubahan warna yang senada.

Tampilan baru WhatsApp terlihat mengusung aksen warna yang lebih gelap.WABetaInfo Tampilan baru WhatsApp terlihat mengusung aksen warna yang lebih gelap.
Dihimpun KompasTekno dari WABetaInfo, Rabu (25/8/2021),  selain mengubah pemilihan warna, WhatsApp turut membawa beberapa pembaruan lain seperti mengembalikan informasi tanggal pembuatan grup chat dan indikator teks "Type a message" menjadi "Message".

Karena masih tahap uji coba, besar kemungkinan bahwa WhatsApp masih akan melakukan penyesuaian sebelum membawa pembaruan tampilan ini ke versi final.

Baca juga: Twitter Rombak Tampilan, Ganti Jenis Huruf di Aplikasi dan Web

Perubahan tampilan yang dilakukan WhatsApp nampak hampir serupa seperti yang dilakukan Twitter pada beberapa waktu lalu.

Tak hanya dari segi warna, Twitter juga telah mengubah penggunaan jenis huruf (font) yang digunakan.

Ironisnya, hal ini justru mengundang kritik dari pengguna. Tak sedikit yang mengaku bahwa tampilan baru ini membuat mereka pusing saat mengakses Twitter.



Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.