Beda "Online" dan "Last Seen" di WhatsApp serta Cara Menyembunyikannya

Kompas.com - 25/08/2021, 14:27 WIB
ilustrasi aplikasi WhatsApp businessinsider.comilustrasi aplikasi WhatsApp
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Bagi Anda pengguna WhatsApp, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "Last Seen" dan "Online" yang biasanya muncul di bagian bawah nama kontak.

Keterangan status tersebut sejatinya berguna untuk memastikan apakah kontak WhatsApp yang dituju sedang aktif atau tidak, tapi keduanya memiliki perbedaan makna.

Menurut keterangan di laman FAQ WhatsApp, status "Online" menunjukkan bahwa kontak yang Anda hubungi sedang membuka aplikasi WhatsApp (aktif) dan terhubung ke internet.

Baca juga: WhatsApp Beta Dirilis untuk Windows dan MacOS, Fitur Baru Bisa Dijajal Sebelum Resmi Hadir

Dengan kata lain, seseorang yang "Online" di WhatsApp benar-benar sedang membuka aplikasi tersebut yang ditampilkan di layar ponsel (foreground).

Namun, meski dalam keadaan "Online", bukan berarti kontak yang Anda tuju benar-benar sudah membaca pesan yang Anda kirim. Bisa jadi, kontak yang Anda hubungi sedang membaca pesan masuk dari orang lain dan belum sempat membuka chat Anda.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara untuk "Last Seen", status ini mengacu pada waktu terakhir aplikasi WhatsApp dibuka oleh kontak yang Anda hubungi.

Baca juga: Trik Sederhana Mengirim Pesan Teks yang Bisa Langsung Terhapus di WhatsApp

Misalnya, jika status WhatsApp teman Anda berbunyi "Last seen today at 12:30". Artinya, teman Anda terakhir membuka aplikasi WhatsApp pada hari ini pukul 12:30 WIB siang.

Jika teman Anda terakhir membuka aplikasi WhatsApp pada dua hari sebelumnya, maka WhatsApp akan memunculkan status "Last seen" sesuai tanggal, misalnya "Last seen Wednesday (18/8/2021)".

Di samping itu, baik status "Last Seen" maupun "Online" sebetulnya bisa tidak terlihat karena beberapa sebab, yakni:

  • Pertama, kontak yang Anda tuju memang menyembunyikan status "Last Seen" agar orang lain tidak dapat mengetahui kapan terakhir ia membuka WhatsApp.
  • Kedua, pengirim dan penerima pesan sama-sama menyembunyikan status "Last Seen" sehingga mereka tidak bisa melihat status "Last Seen" satu sama lain.
  • Ketiga, kontak yang Anda hubungi kemungkinan telah memblokir Anda. Apabila Anda diblokir, biasanya penanda waktu seperti "Last Seen" atau "Online" tidak bisa dilihat jika Anda membuka kolom obrolan.

Cara menyembunyikan status "Last seen" di WhatsApp

Status "Online" akan selalu terlihat oleh orang lain ketika Anda sedang membuka aplikasi WhastApp. Tapi, "Last seen" bisa  disembunyikan melalui menu pengaturan pesan sehingga orang lain tak bisa mengetahui kapan Anda terakhir membuka aplikasi WhatsApp

Caranya adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi WhatsApp melalui smartphone Anda (Android/iOS).
  • Di halaman utama (tab chats), klik ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu pengaturan.

Cara mematikan status Last Seen di aplikasi WhatsAppKOMPAS.com/ConneyStephanie Cara mematikan status Last Seen di aplikasi WhatsApp

  • Selanjutnya, pilih menu "Account" lalu klik opsi "Privacy".
  • Setelah itu, klik opsi "Last Seen" yang ada di urutan paling atas.
  • Ketika di-klik, nantinya akan muncul jendela pop-up kecil yang menampilkan tiga opsi yaitu "Everyone", "My Contacts", dan "Nobody".

    Baca juga: Cara Membalas Chat Grup WhatsApp Tanpa Ketahuan Anggota Lain

  • Untuk menyembunyikan status "Last Seen" di WhatsApp, Anda bisa langsung memilih opsi "Nobody".
  • Secara otomatis, pengirim pesan yang menghubungi kontak Anda, baik teman maupun orang lain, tidak akan mengetahui kapan terakhir kali Anda membuka WhatsApp.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.