Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antarmuka Baru Windows 11 Bisa Dijajal lewat Browser, Begini Caranya

Kompas.com - 25/08/2021, 15:19 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber Blue Edge

KOMPAS.com - Pengguna PC dengan sistem operasi Windows mungkin sudah tidak sabar untuk segera menjajal OS terbaru dari Microsoft, yaitu Windows 11.

Meski versi finalnya baru akan dirilis secara bertahap mulai akhir tahun 2021, pengguna umum sebenarnya sudah bisa mencoba OS baru ini dengan cara mendaftar dan mengunduh pembaruan Windows 11 versi preview di Windows Insider Program.

Namun, bila tak ingin repot-repot mengikuti program itu dan mengunduh file instalasinya, sekarang pengguna juga bisa melihat dan menjajal langsung antarmuka Windows 11 hanya dengan melalui browser, tanpa perlu download apapun.

Baca juga: Windows 11 Beta Sudah Tersedia, Begini Cara Memasangnya di PC dan Laptop

Hal ini dimungkinkan karena pengembang Blue Edge membuat versi demo Windows 11 yang bisa diakses melalui browser, bernama "Win 11 in React". Pengguna hanya perlu mengunjungi URL win11.blueedge.me atau melalui tautan berikut ini.

Tampilan laman demonstrasi Windows 11 dari Blue Edge, yang bisa diakses melalui browser.blueedge.me Tampilan laman demonstrasi Windows 11 dari Blue Edge, yang bisa diakses melalui browser.
Saat dibuka, pengguna akan langsung disambut dengan laman web interaktif yang menyajikan antarmuka (UI) Windows 11, persis seperti tampang Windows 11 yang sudah banyak beredar.

Misalnya, taskbar dan menu Start yang letaknya sudah bergeser ke sisi tengah, seperti di antarmuka macOS. Sayangnya, karena ini hanya berupa laman simulasi terbatas, pengguna tidak bisa mengakses seluruh fungsi dan fitur yang ada pada Windows 11.

Namun menurut pantauan KompasTekno, pengguna masih bisa meng-klik ikon menu start. Kemudian melihat tampilan menu Start yang kini dirombak, di mana kini tak lagi menyertai fitur tiles untuk mengelompokkan aplikasi favorit pengguna dalam satu grup.

Di Windows 11, menu Start hanya berisi ikon "all apps" untuk melihat seluruh aplikasi, beberapa aplikasi yang disematkan (pin), beberapa aplikasi yang direkomendasikan, serta ikon power.

Baca juga: Hati-hati, Ada Windows 11 Palsu yang Berisi Malware

Pengguna juga bisa membuka dan melihat tampilan baru dari browser Microsoft Edge dan toko aplikasi Microsoft Store. Uniknya, pengguna bisa melakukan pencarian secara langsung melalui Bing.com yang ada di Microsoft Edge.

Pengguna juga bisa menjajal jendela Action Center, kalkulator, kalendar, serta jendela cuaca, waktu, dan berita terkini pilihan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman Blue Edge, Rabu (25/8/2021).

Meski terbatas, situs berisi demonstrasi Windows 11 dari Blue Edge ini bisa membantu menghilangkan rasa penasaran bagi pengguna yang enggan memasang versi preview melalui Windows Insider Program.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Blue Edge


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com