Instagram Mulai Tampilkan Iklan di Fitur Shopping

Kompas.com - 25/08/2021, 17:21 WIB
Fitur Instagram Shopping di IGTV. InstagramFitur Instagram Shopping di IGTV.

KOMPAS.com - Instagram kini bukan sekadar aplikasi berbagi foto dan video semata. Perusahaan di bawah naungan Facebook itu ingin menambah pengalaman lain, termasuk belanja online dengan memperkenalkan fitur Shops tahun lalu.

Fitur tersebut bisa diakses melalui tab "shopping" yang ada di bagian kanan bawah tampilan aplikasi.

Strategi itu adalah upaya Instagram untuk memudahkan pengguna dalam berbelanja di dalam aplikasi. Fitur Shops dihadirkan Instagram agar pengguna tak perlu lagi membuka platform e-commerce lain. 

Selain mendorong pengguna untuk berbelanja, fitur Shops juga menjadi lahan baru bagi Instagram untuk menyelipkan iklan. Instagram Shops kini resmi menampilkan untuk semua pengguna Instagram di seluruh dunia.

Iklan tersebut akan terselip di dalam feed ketika pengguna membuka fitur Shops di dalam aplikasi Instagram.

Baca juga: Instagram Ganti Swipe Up dengan Stiker Mulai 30 Agustus

Untuk membedakan dengan konten katalog, iklan yang tampil akan diberi label "sponsored" di sisi kiri bawah seperti di gambar berikut ini.

Iklan yang disisipkan di fitur Instagram Shop akan dilabeli sebagai konten sponsored.Instagram via Tech Crunch Iklan yang disisipkan di fitur Instagram Shop akan dilabeli sebagai konten sponsored.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ketika konten tersebut diklik, pengguna akan diarahkan ke laman Product Detail untuk mendapatkan informasi lebih seputar produk, foto lainnya, dan juga informasi seputar brand, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Tech Crunch, Rabu (25/8/2021).

Jika tertarik, pengguna bisa menyimpan produk dari iklan tersebut dan menambahkannya ke keranjang atau membagikan iklan ke sesama pengguna lain.

Namun, jika pengguna merasa terganggu dengan iklan tersebut karena dianggap kurang relevan, pengguna bisa megetuk ikon titik tiga vertikal dan memilih opsi hide/sembunyikan atau report/laporkan iklan.

Baca juga: Pengguna Instagram Bisa Batasi DM atau Komentar Orang Tak Dikenal

Iklan-iklan yang muncul akan disesuaikan perilaku pengguna di Instagram serta seberapa banyak orang yang berbelanja lewat tab Shops di Instagram.

Dari pantauan KompasTekno, hingga berita ini ditulis belum tampak iklan terselip di fitur Shop di Indonesia.

Mungkin saja, pengguliran iklan di fitur Shop dilakukan secara bertahap. Selain membuat tombol khusus Shops, Instagram juga menyisipkan fitur tersebut di Reels akhir tahun 2020 lalu.

Strategi ini disebut menjadi upaya Instagram bersaing dengan TikTok yang juga mulai menghadirkan fitur belanja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.