Apa Itu FYP di TikTok dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Kompas.com - 26/08/2021, 10:41 WIB
ilustrasi FYP TikTok Later.comilustrasi FYP TikTok
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Salah satu fitur yang dimiliki oleh jejaring sosial TikTok adalah fitur FYP alias "For You Page". Istilah FYP ini bisa dibilang lumayan populer di ranah media sosial.

Bagi Anda pengguna TikTok, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah "FYP" tersebut. Namun, bagi pengguna yang belum terbiasa atau baru mulai menggunakan TikTok, tentu istilah FYP ini masih belum familiar.

Baca juga: 11 Tips untuk TikTok, dari Cara Bikin Slide hingga Duet dan Lipsync

Lantas, apa yang dimaksud dengan FYP di TikTok? Berikut penjelasannya di bawah ini, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari In The Know, Kamis (28/8/2021).

Apa itu FYP?

FYP atau For You Page adalah tab yang berisi kumpulan video pendek berdurasi 15 detik hingga tiga menit, yang muncul di timeline TikTok. Bisa dibilang FYP adalah home page atau laman beranda dari media sosial ini. 

Kumpulan video pendek itu berasal dari pengguna lain (random), teman Anda (followers), dan orang yang Anda ikuti (following).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sama seperti kolom Explore di Instagram, konten video TikTok yang muncul di FYP juga disesuaikan dengan preferensi personal masing-masing pengguna.

"Tujuan kami (TikTok) adalah menyajikan rekomendasi video yang relevan bagi pengguna serta membantu menemukan konten dan kreator yang dapat menginspirasi mereka," tulis TikTok dalam penjelasan cara kerja FYP di situsnya.

Bagaimana cara kerja FYP?

Dalam memilik konten yang kira-kira akan disukai pengguna, algoritma TikTok mengacu pada tiga kategori utama, yaitu interaksi yang dilakukan, informasi video, serta pengaturan akun.

Interaksi pengguna disini maksudnya adalah aktivitas pemilik akun tentang konten apa yang mereka sukai, video yang rutin dibagikan, akun yang diikuti, komentar yang mereka berikan, dan konten yang mereka unggah.

Baca juga: TikTok Terapkan Aturan Ketat Bagi Pengguna Usia Remaja, Termasuk di Indonesia

Sedangkan, maksud dari informasi video yaitu mencakup keterangan misalnya caption, suara, hingga tagar (hashtag) yang mereka pakai.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.