Inikah Ponsel Pertama Xiaomi Tanpa "Mi", Sudah Lolos TKDN Indonesia

Kompas.com - Diperbarui 27/08/2021, 09:14 WIB
Xiaomi Mi 11 Ultra dan kotak kemasannya.
KOMPAS.com/ OIK YUSUFXiaomi Mi 11 Ultra dan kotak kemasannya.

KOMPAS.com - Sub-merek "Mi" yang sudah melekat pada jajaran smartphone keluaran Xiaomi, mulai dari Mi generasi pertama yang dirilis 2011 hingga Mi 11, telah resmi bakal dipensiunkan.

Ke depannya, vendor ponsel asal China ini akan menggunakan namanya sendiri "Xiaomi", tanpa embel-embel "Mi" di ponsel-ponsel selanjutnya.

Belakangan ini, Xiaomi santer dikabarkan bersiap meluncurkan dua varian baru untuk melengkapi seri flagship Mi 11 dalam waktu dekat, yaitu Mi 11T dan Mi 11T Pro.

Namun, sejak berita dipensiunkannya sub-merek "Mi", banyak kabar yang menyebutkan bahwa Xiaomi akan ikut menanggalkan embel-embel "Mi" pada dua ponsel baru Mi 11T.

Bila benar, penamaannya akan berubah menjadi Xiaomi 11T dan Xiaomi 11T Pro. Keduanya pun akan menjadi ponsel Xiaomi pertama yang tidak menggunakan merek Mi.

Kabar dihilangkannya merek "Mi" dari Mi 11T dan 11T Pro ini didukung oleh keterangan dari seorang juru bicara Xiaomi yang berbicara kepada outlet media XDA Developer. Sumber ini mengungkapkan bahwa ponsel-ponsel setelah Mix 4 juga tidak akan mengusung sub-merek "Mi".

Memang, sebelum adanya pengumuman resmi dipensiunkannya merek "Mi", perusahaan yang didirikan oleh Lei Juni ini lebih dulu menghilangkan merek "Mi" di ponsel flagship terbaru Xiaomi, Mix 4 yang dirilis untuk pasar China.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Menyimak Perang Saudara Xiaomi di Indonesia, Jawara 5G Vs Pembunuh 5G

Sebelumnya, ponsel-ponsel kelas atas dari seri itu bernama "Mi Mix", terakhir hingga Mi Mix 3 yang dirilis pada 2018.

Menurut juru bicara Xiaomi, kebijakan sama juga berlaku untuk jenis produk lain yang selama ini membawa sub-brand "Mi", termasuk TV, laptop, hingga kulkas.

Adapun produk-produk "Mi" yang sudah beredar tidak akan mengalami perubahan nama. Xiaomi Mi 11, misalnya, akan tetap bernama demikian seperti sebelumnya.

Baca juga: Xiaomi Berhenti Jual Redmi Note 10 di Indonesia, Ini Sebabnya

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.