AirAsia Luncurkan Layanan Taksi Online Pesaing Grab

Kompas.com - 26/08/2021, 14:10 WIB
AirAsia Ride twitter.com/@airasiaAirAsia Ride

KOMPAS.com - Perusahaan maskapai penerbangan, AirAsia mulai merambah bisnis taksi online (ride hailing) dengan meluncurkan layanan terbaru bernama AirAsia Ride. Layanan ini akan bersaing dengan Grab dan Gojek.

Sesuai namanya, layanan ride hailing ini menawarkan jasa taksi online yang bisa dipesan melalui aplikasi super apps AirAsia. Kehadiran layanan AirAsia Ride ini juga diumumkan melalui akun Twitter resmi AirAsia (@airasia).

Sebagai tahap awal, layanan AirAsia Ride sementara baru memulai debutnya di Malaysia. Di negara tersebut, sudah hadir lebih dahulu layanan serupa, seperti Grab dan Gojek.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

CEO AirAsia, Tan Sri Tony Fernandes mengatakan bahwa, pihaknya juga berencana akan membawa layanan e-hailing ini ke negara lainnya, termasuk Indonesia, Thailand, Filipina, dan Singapura.

Baca juga: Poin-poin Keberatan dan Kesepakatan Go-Jek, Grab, dan Uber soal Aturan Taksi Online

"Respons dari driver kami di Malaysia sangat luar biasa. Masyarakat di sana juga sangat menantikan layanan ini," kata Fernandes dalam sebuah wawancara.

Di Malaysia, layanan AirAsia Ride sudah beroperasi di wilayah Lembah Kelang (Klang Valley). Untuk menikmati layanan AirAsia Ride, calon penumpang bisa langsung memesannya melalui aplikasi AirAsia yang bisa diunduh lewat Google Play Store, App Store, atau App Gallery.

Ketika membuka aplikasi, calon penumpang akan menjumpai opsi "Ride" yang muncul pada halaman utama. Klik opsi tersebut, lalu tentukkan jenis kendaraan apa yang diinginkan.

Baca juga: Layanan Roda Dua Go-Jek Diperbolehkan Beroperasi di Malaysia

CEO AirAsia Ride Malaysia, Lim Chiew Shan, mengklaim bahwa, saat ini memiliki 1.500 pengemudi AirAsia Ride yang sudah beroperasi. Shan juga menyebut setidaknya ada 5.000 pengemudi lainnya yang siap dikerahkan selama enam bulan ke depan.

AirAsia Ridetwitter.com/@airasia AirAsia Ride

Ke depannya, Shan mengatakan bahwa layanan AirAsia Ride akan hadir secara bertahap dengan menyesuaikan permintaan di pasar. Dengan begitu, perusahaan bisa menyeimbangkan kapasitas pekerjaan dari masing-masing pengemudi.

Baca juga: Ketika CEO Grab Nyambi Jadi Kurir GrabFood, Naik Sepeda Antar Makanan

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Malay Mail, Kamis (26/8/2021), pengemudi AirAsia Ride akan mengambil keuntungan bersih sebesar 85 persen dari tarif perjalanan.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.