Layanan 5G Indosat Ooredoo Resmi Digelar di Jakarta

Kompas.com - 26/08/2021, 18:06 WIB
Peluncuran 5G Indosat di Jakarta, Kamis (26/8/2021), dihadiri oleh Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha (dua dari kanan), Director and Chief Finance Officer Indosat Ooredoo, Eyas Assaf (kanan), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (dua dari kiri), dan Direktur Jenderal Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Ismail (kiri). IndosatPeluncuran 5G Indosat di Jakarta, Kamis (26/8/2021), dihadiri oleh Director and Chief Operating Officer Indosat Ooredoo, Vikram Sinha (dua dari kanan), Director and Chief Finance Officer Indosat Ooredoo, Eyas Assaf (kanan), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (dua dari kiri), dan Direktur Jenderal Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Ismail (kiri).
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Usai resmi menggelar layanan 5G di kota Solo, Indosat Ooredoo memperluas jangkauan jaringan generasi kelima tersebut ke kota lainnya. Kini, ibu kota Indonesia menjadi kota kedua yang mendapatkan layanan 5G dari operator seluler tersebut. 

"Hari ini kami telah meluncurkan 5G secara komersil di Jakarta. Peluncuran ini merupakan tonggak pencapaian bagi kami," ujar Direktur dan COO Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dalam konferensi pers, Kamis (26/8/2021).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan turut hadir untuk meresmikan layanan 5G Indosat di Jakarta. Menurut Anies, layanan 5G Indosat bisa mendukung tumbuhnya kultur digital di wilayah yang ia pimpin tersebut.

"Kami sangat mengapresiasi peluncuran layanan 5G Indosat Ooredoo di Jakarta karena dengannya dapat dimanfaatkan untuk percepatan Smart City, Smart Government, dan Smart Society," kata Anies dalam kesempatan yang sama.

"Kami berharap dengan peluncuran layanan 5G ini, membawa manfaat sebesar-besarnya untuk warga Jakarta, dan kami siap berkolaborasi lebih lanjut serta membuat seluruh kota siap memanfaatkannya," imbuh Anies.

Baca juga: Telkomsel Resmi Gelar Jaringan 5G Pertama di Indonesia

SVP Head of Technology Strategy & Partnerships Indosat Ooredoo, Kees van Peer di mengatakan layanan 5G di Indosat di Jakarta baru hanya tersedia di area Monumen Nasional (Monas) dan sekitar Jl. Medan Merdeka saja.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Kees, cakupan tersebut masih tergolong kecil karena Indosat ingin fokus menghadirkan ekosistem 5G terlebih dahulu. Ke depannya, Indosat akan terus berupaya untuk memperluas cakupan 5G di Jakarta dan wilayah lainnya.

"Kami akan terus mengikuti tren yang ada di masyarakat, seperti di mana area yang banyak tersedia ponsel 5G, serta area industri yang potensial untuk pengembangan use case 5G supaya sesuai dengan kebutuhan pasar," imbuh Kees.

Baca juga: Layanan 5G Telkomsel Kini Hadir di Surabaya, Makassar, Bandung, Batam, dan Denpasar

Berapa kecepatan 5G Indosat di Jakarta?

Direktur dan COO Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dalam konferensi pers peluncuran 5G Indosat di Jakarta, Kamis (26/8/2021).KOMPAS.com/BILL CLINTEN Direktur dan COO Indosat Ooredoo, Vikram Sinha dalam konferensi pers peluncuran 5G Indosat di Jakarta, Kamis (26/8/2021).
Untuk menggelar 5G, Indoat Ooredoo memanfaatkan pita frekuensi 1,8 GHz (1.800 MHz/n3).
Pada frekuensi tersebut, Indosat memiliki total lebar pita 2x22,5 MHz, di mana 20 MHz digunakan untuk 5G.

Indosat tidak mengumbar berapa kecepatan layanan 5G mereka di Jakarta. Namun, dalam uji coba gelaran layanan 5G beberapa waktu lalu, mereka mengklaim kecepatan tertinggi yang dicapai tercatat menyentuh angka 540 Mbps dengan latensi 10 ms.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.