Apple Watch Jadi Alat Bantu Aksi Perampokan Rp 7 Miliar

Kompas.com - Diperbarui 28/08/2021, 06:10 WIB
Bukti foto uang bernilai 500.000 dollar AS (sekitar Rp 7,2 triliun) yang berhasil diamankan dari komplotan perampok asal AS. GizmochinaBukti foto uang bernilai 500.000 dollar AS (sekitar Rp 7,2 triliun) yang berhasil diamankan dari komplotan perampok asal AS.

KOMPAS.com - Sebuah aksi perampokan yang dilakukan komplotan beranggotakan 7 orang pada Januari 2020 di AS ternyata memakai Apple Watch sebagai alat pendukung. 

Hal tersebut diungkap dalam dokumen pengadilan atas ketujuh tersangka perampokan yang dirilis pekan ini. Disebutkan bahwa kawanan perampok mencuri uang bernilai 500.000 dollar AS (sekitar Rp 7,2 miliar) yang sedang dibawa oleh seorang pengedar narkoba.

Dalam menjalankan aksinya mereka memanfaatkan perangkat Apple Watch untuk melacak lokasi korban. Ketua komplotan, Darren Lindsay, diketahui telah menghubungkan Apple Watch tersebut dengan layanan operator seluler AT&T pada ponsel miliknya.

Baca juga: iOS 14.7.1 Dirilis untuk Atasi Masalah Unlock Apple Watch dengan iPhone

Perangkat itu kemudian diletakkan secara diam-diam di bumper mobil korban. Komplotan perampok ini lantas memanfaatkan sinyal tracking yang dipancarkan Apple Watch untuk membuntuti korban ke sebuah hotel yang berlokasi di Hartford, Connecticut.

Tak lama usai korban meninggalkan mobil, Darren bersama dua temannya memecahkan kaca mobil untuk mencari uang yang dimaksud.

Namun, Darren tidak menemukan tanda-tanda keberadaan uang bernilai ratusan juta dollar. Tampaknya korban ikut membawa serta uang tersebut ke kamar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Darren kemudian menunggu semalaman hingga korban meninggalkan kamar hari berikutnya, pada 20 Januari 2020. Setelah berhasil disergap, Darren memukuli korban hingga ia menyerahkan kartu akses masuk kamar hotel.

Tak menunggu lama, Darren beserta komplotannya langsung mencoba masuk dan menggeledah kamar. Ia pun menemukan sebuah tas berisi uang senilai 500.000 dollar AS.

Baca juga: Spotify di Apple Watch Kini Bisa Download Lagu dan Podcast

Setelah berhasil mengambiil uang curian tersebut, Darren mencoba menutupi jejak kejahatannya dengan membuang korban di kota New Britain.

Sejumlah bukti terkait perampokan tersebut terungkap melalui akun iCloud milik anggota kawanan perampok, termasuk foto tumpukan uang yang diunggah ke iCloud.

Dihimpun KompasTekno dari New York Post, Jumat (27/8/2021), akun tersebut memuat bukti rencana perampokan yang terdiri tiket tol, sebuah pesan berisi pembahasan sandi Apple Watch, laporan terbaru terkait lokasi pengintaian korban, hingga pembagian jatah uang.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.