Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengguna Indosat Keluhkan Twitter Down Pagi Ini

Kompas.com - 27/08/2021, 11:26 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna operator seluler Indosat mengeluhkan kesulitan mengakses Twitter hari ini, Jumat (27/8/2021). Salah satunya Shabrina, yang mengaku tidak bisa menyegarkan (refresh) linimasa sejak sekitar pukul 10.00 WIB.

"Cuma kebuka lamannya, enggak bisa di-refresh," aku wirausahawan asal Jakarta Selatan itu.

Shabrina mengatakan, akses Twitter sulit dilakukan baik via mobile Android maupun web. Keluhan yang sama juga dialami Yusuf, warga Cipinang, Jakarta Timur. Yusuf mengaku tidak bisa membuka Twitter melalui aplikasi mobile dan web.

Pengguna Indosat lain di luar Jakarta juga mengaku tidak bisa mengakses Twitter lewat smartphone Android miliknya. "Kalau lewat peramban (browser) laptop, aman pakai Indosat," aku Alifa, pengguna Indosat asal Jepara.

Berbeda dengan Shabrina dan Yusuf, Alifa mengaku masih bisa mengakses Twitter melalui web. Keluhan yang sama juga disampaikan beberapa warganet di Twitter.

"Tak (saya) kira Twitter down, ternyata cuma yang pakai provider Indsoat doang yang enggak bisa akses Twitter," tulis pengguna dengan handle @noonamuw.


Sebagian pengguna lain mengatakan kendala akses hanya terjadi di jaringan Indosat karena Twitter kembali bisa diakses ketika berganti jaringan ke operator lain. Jaringan Indosat pun masih bisa membuka situs lain di luar Twitter.

"Kayaknya Indosat lagi marahan sama Twitter. Masa pake 3 bisa," aku pengguna dengan handle @fflufyberries.

Baca juga: Twitter Ungkap Jumlah Permintaan Hapus Kicauan di Indonesia

Ada yang mengaku akses Twiter via mobile tidak bisa dilakukan sejak Kamis (26/8/2021) malam, seperti akun @dreamleehi yang mengajukan komplain ke akun Twitter @IndosatCare.

Akun @IndosatCare menanggapi dengan mengatakan bahwa masalah ada pada Twitter. "Saat ini masalah ada pada akses Twitter secara global, silakan coba lagi secara berkala," tulis akun resmi tersebut.

Peta sebaran masalah Twitter error, Jumat (27/8/2021).Downdetector Peta sebaran masalah Twitter error, Jumat (27/8/2021).

Menurut pantauan KompasTekno dari situs web Downdetector, Twitter memang dilaporkan bermasalah di beberapa wilayah dunia mulai Kamis malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Baca juga: Twitter Rombak Tampilan, Ganti Jenis Huruf di Aplikasi dan Web

Dari peta sebaran, masalah akses Twitter tampak banyak dilaporklan di wilayah Jakarta, Surabaya, dan Bali. Di kolom komentar, beberapa pengguna mengaku bisa mengakses Twitter kembali dengan menggunakan VPN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com