kolom

Gelaran Fiber Optic Perkuat Layanan Telko

Kompas.com - 27/08/2021, 13:52 WIB
Ilustrasi kabel fiber optic IstimewaIlustrasi kabel fiber optic

Layanan 5G mulai meluas, meski paling banyak masih di sekitaran Jakarta, dan umumnya operator fokus ke layanan internet untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mendukung era industri 4.0.

XL Axiata sama dengan Indosat, memanfaatkan spektrum untuk layanan 4G LTE di 1.800 MHz dan 2.100 MHz, sementara Telkomsel yang sudah mendahului, memanfaatkan spektrum 2.300 MHz selebar 50 MHz milik mereka.

Layanan 5G yang supercepat memang mensyaratkan kepemilikan spektrum milimeterband, di 26 GHz (26.000 MHz) dan 35 GHz, selain bisa di 2,6 GHz yang juga digunakan gelombang mikro.

Pemerintah belum juga memberi kepastian kapan milimeterband itu dirilis, dan industri pun masih penuh tanda tanya, berapa harga “tebusan” 1.000 MHz yang ada di spektrum-spektrum tadi.

Spektrum bukan satu-satunya

Tetapi spektrum bukan satu-satunya syarat untuk menggelar 5G, sebab keberadaan serat optik, FO (fiber optic), lebih dominan sebagai prasarana pengantar spektrum.

Baca juga: Kabel Optik Palapa Ring Akan Diulur di Perbatasan Indonesia-Malaysia

Adalah tidak mungkin membangun menara setinggi 32 meter atau 70 meter, atau sekadar tiang (pole), untuk gelaran 5G di setiap 200 meter, sesuai sifat frekuensi tinggi yang cakupannya lebih sempit.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Serat optik akan jadi prasarana utama, sekaligus menjadi antena radionya atau BTS (base transceiver)-nya, seperti jaringan prasarana di MRT dengan kabel coaxial.

Tiap operator saat ini menggelar jaringan serat optik sendiri, Telkomsel sudah menggelar lebih dari 160.000 km FO, XL Axiata 130.000 km milik sendiri dan sewa, Indosat 60.000-an kilometer, Smartfren, pemilik 20 persen saham Moratel yang punya 20.000 km FO.

Berapa panjang dibutuhkan FO untuk melayani seluruh wilayah Indonesia, yang terdiri dari 17.500 pulau? Konon butuh lebih dari satu juta kilometer.

Kalau saja operator telko mau berbagi (sharing) prasarana dan sarana FO, atau melakukan konsolidasi, akan dihemat ratusan triliun rupiah yang bisa dialokasikan ke hal yang lebih penting.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.