Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa itu NFT Gaming, Main Game yang Dibayar Uang Kripto

Kompas.com - 27/08/2021, 19:23 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Belakangan ini, aset kepemilikan karya digital seperti foto, video, atau karya virtual lainnya marak dijual dalam bentuk Non-Fungible Token atau NFT.

Aset digital yang dijual dalam bentuk NFT, akan memiliki "sertifikat digital" yang menandakan keaslian aset tersebut meski tiruannya sudah banyak beredar di dunia maya.

Contohnya adalah twit pertama yang diunggah CEO Twitter, Jack Dorsey. Twit tersebut dilelang dalam bentuk NFT dan terjual dengan harga sekitar Rp 42 miliar.

Karya yang dijual dalam bentuk NFT akan tercatat di dalam blockchain. Blockchain adalahsemacam “buku besar” digital yang mirip dengan jaringan (network) yang mendukung Ethereum, Bitcoin, dan mata uang kripto lainnya.

Kini, NFT tak hanya digunakan untuk menjual aset digital. Penggunaan NFT merambah ke ranah gaming yang digunakan para gamer untuk mendapatkan penghasilan melalui game NFT.

Apa itu NFT Gaming

NFT Gaming merupakan upaya untuk mendapatkan uang kripto dengan bermain game atau kerap disebut play-to-earn.

Gerakan "play-to-earn" adalah fenomena yang belakangan ini muncul di industri game. Para pemain game NFT akan mengumpulkan aset atau hadiah di dalam game yang nantinya dapat dikonversi menjadi uang tunai nyata.

Dalam dunia game, aset NFT akan bisa ditukar atau bahkan berbentuk mata uang virtual.

Nantinya, mata uang kripto itu bisa ditukarkan lagi dengan uang asli di platform penukaran yang mendukung game tersebut.

Baca juga: Korea Selatan Cabut Larangan Anak Main Game Tengah Malam

Saat ini ada banyak judul game yang masuk dalam kategori game NFT salah satunya adalah Axie Infinity.

Hal ini bisa dibilang cukup baru dan berpotensi mengubah pandangan orang tentang game, begitu juga para gamers yang sering menghabiskan uangnya membeli berbagai in-game item favorit.

Sebab biasanya, para pemain membeli item di dalam game, tidak bisa mengambil kembali uang yang mereka gunakan.

Artinya, sekali mereka menghabiskan uang sungguhan di dalam game, maka uang tersebut akan sirna dan tak bisa kembali.

Dengan adanya NFT, gamers memiliki peluang untuk menukarkan uang di dalam game yang telah mereka investasikan tersebut dengan uang asli.

Selain itu, mereka juga bisa bermain game sembari mendulang pendapatan sebanyak-banyaknya, tentunya dengan membeli, mengumpulkan, atau membuat suatu aset berharga di dalam sebuah game yang telah mengadopsi NFT.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com