Durasi Video TikTok Akan Diperpanjang Jadi 5 Menit?

Kompas.com - 28/08/2021, 08:01 WIB
Ilustrasi tiktok
TechSpotIlustrasi tiktok

KOMPAS.com - TikTok dikabarkan akan kembali menambah durasi video di platform miliknya. Durasi video tersebut bakal diperpanjang menjadi maksimal 5 menit, dari sebelumnya dibatasi 3 menit.

Kabar ini pertama kali diungkap oleh konsultan media sosial asal Inggris, Matt Navarra. Melalui akun Twitternya, Navarra mengunggah sebuah tangkapan layar berisi notifikasi update terbaru dari TikTok.

"Unggah video hingga 5 menit melalui perangkat Anda. Pastikan Anda sudah memperbarui TikTok ke versi terbaru sebelum mencoba fitur tersebut di aplikasi atau tiktok.com," tertulis dalam tangkapan layar yang diunggah Navarra.

TikTok tampaknya sedang melakukan uji coba kepada segelintir pengguna. Navarra menjadi salah satu pengguna yang kebagian uji coba tersebut.

Baca juga: Kumpulan Bad Romance Challenge di TikTok, dari yang Keren sampai Bikin Ketawa

Dari tangkapan layar yang diunggah Navarra, pengguna nantinya akan bisa mengunggah video dengan durasi 5 menit baik dari ponsel maupun halaman TikTok.com

Selain Navarra, pengguna Twitter dengan handle @blueasyraff juga melaporkan bahwa TikTok memperpanjang durasi video bahkan sampai 10 menit.

Kendati demikian, belum ada informasi resmi dari pihak TikTok apakah mereka memang akan memperpanjang durasi video di platform dan kapan akan mulai digelontorkan.

TikTok sendiri agaknya masih melakukan penyesuaian terhadap durasi video terbaru yang akan diperkenalkan kepada pengguna.

Beberapa waktu lalu TikTok memperpanjang durasi video menjadi 3 menit sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5mac, Sabtu (28/8/2021).

Bertambahnya durasi video TikTok agaknya dimaksudkan untuk memberi ruang bagi kreator untuk menyajikan konten video yang lebih panjang.

Baca juga: Apa Itu FYP di TikTok dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Saat pertama kali diluncurkan, pengguna TikTok hanya bisa mengunggah video dengan durasi 15-60 detik.

Uji coba fitur Stories

Belum lama ini, TikTok juga dilaporkan tengah menguji coba fitur yang mirip Instagram Stories.

TikTok pun mengonfirmasi hal tersebut. Namun, mereka tidak membeberkan kapan fitur ini akan mulai diberikan kepada pengguna secara luas.



Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.