Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12.5 Enhanced Pertama Kali

Kompas.com - Diperbarui 31/08/2021, 10:13 WIB
Sistem Antarmua (UI) Xiaomi, MIUI 12.5 gizchina.comSistem Antarmua (UI) Xiaomi, MIUI 12.5

KOMPAS.com - Xiaomi selaku vendor smartphone global, rajin memberikan pembaruan (update) antarmuka garapannya, MIUI.

Setelah merilis MIUI 12.5 pada Desember 2020, perusahaan rintisan Lei Jun ini merilis versi upgrade dari antarmuka itu, yaitu MIUI 12.5 Enhanced.

Update antarmuka terbaru ini sudah  digelontorkan Xiaomi mulai awal bulan ini khusus untuk ponsel Xiaomi di China.

Sementara untuk ponsel Xiaomi di pasar global dijanjikan akan mulai mendapatkan update MIUI 12.5 Enhanced secara bertahap. Dimulai tahap pertama pada kuartal IV-2021 atau sekitar bulan Oktober hingga Desember 2021.

Hal ini diungkap Xiaomi melalui sebuah posting di situs resmi perusahaan. Dalam tahap pertama, hanya ada sembilan ponsel flagship Mi 10 dan Mi 11 yang bakal kebagian MIUI 12.5 Enhanced untuk pertama kali.

Berikut daftar lengkapnya.

  • Mi 11
  • Mi 11 Ultra
  • Mi 11i
  • Mi 11X Pro
  • Mi 11X
  • Mi 10T Pro
  • Mi 10T
  • Mi 10 Pro
  • Mi 10

Xiaomi belum mengumumkan kapan ponsel Xiaomi di luar daftar sembilan ponsel itu, bakal kebagian update antarmuka MIUI 12.5 Enhanced ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: MIUI 11 Berhasil Dipasang di iPhone

Fitur MIUI 12.5 Enhanced

Karena merupakan versi upgrade dari MIUI 12.5, MIUI 12.5 dijanjikan membawa sejumlah peningkatan. Salah satunya adalah konsumsi daya yang lebih rendah.

Xiaomi menyebutkan, antarmuka terbarunya ini dibekali fitur "Atomized Memory", yang dapat mengoptimalkan penggunaan RAM sehingga memungkinkan ponsel menyimpan lebih banyak aplikasi di latar belakang.

Pengoptimalan lainnya, menurunkan penggunaan CPU hingga 15 persen dan mengurangi penggunaan daya hingga 8 persen dalam beberapa skenario penggunaan.

Baca juga: Inikah Ponsel Pertama Xiaomi Tanpa Mi, Sudah Lolos TKDN Indonesia

3 Peningkatan di MIUI 12.5 Enhanced.c.mi.com 3 Peningkatan di MIUI 12.5 Enhanced.

Ada pula fitur "Liquid storage" yang diklaim akan menjadi penyimpanan media dalam kondisi optimal sehingga memperlambat penuaan ponsel.

Xiaomi mengeklaim, fitur ini memungkinkan ponsel hanya akan mengalami penurunan performa sebesar 5 persen saja, setelah penggunaan selama 3 tahun, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari AndroidAuthority, Sabtu (28/8/2021).

Terakhir ada fitur "focused algorithms" yang dapat mengalokasikan sumber daya sistem berdasarkan skenario penggunaan. Menurut Xiaomi, fitur ini akan memastikan pengalaman pengguna lebih mulus saat menggunakan ponsel Xiaomi.

Baca juga: Ini Daftar Ponsel Xiaomi yang Kebagian MIUI 12.5 dan Jadwal Kedatangannya

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.