Hasil Pencarian Instagram Bakal Mirip TikTok

Kompas.com - 29/08/2021, 14:05 WIB
ilustrasi Instagram user CNETilustrasi Instagram user

KOMPAS.com - Instagram berencana menambah fitur baru untuk fungsi pencarian di jejaring sosialnya. Seperti dengan TikTok, hasil pencarian nantinya akan turut menampilkan posting foto dan video, tak hanya akun dan hashtag saja.

Konten foto dan video dari hasil pencarian akan ditampilkan dalam format grid di tab "Top", dengan bentuk yang mirip seperti tiles aplikasi di Windows.

Menurut Instagram, search model baru tersebut akan mempermudah pengguna ketika ingin melakukan pencarian tentang suatu topik, tapi belum mengetahui hashtag atau akun mana yang hendak ditelusuri.

Baca juga: Instagram Mulai Tampilkan Iklan di Fitur Shopping

"Perubahan ini bakal membuat Instagram Search jadi lebih dari sekadar alat untuk mencari akun dan tagar," tulis kepala Instagram Adam Mosseri dalam sebuah posting blog di situsnya.

"Misalnya, ketika Anda mencari soal 'space (ruang angkasa)', maka foto dan video yang terkait (dengan tema ruang angkasa) akan ditampilkan juga," lanjut Mosseri, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Minggu (29/8/2021).

Ilustrasi fitur pencarian terbaru di Instagram dapat menampilkan foto dan video yang dicari berdasarkan kata kunci yang dicantumkan pengguna.Instagram Ilustrasi fitur pencarian terbaru di Instagram dapat menampilkan foto dan video yang dicari berdasarkan kata kunci yang dicantumkan pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Mosseri, pencarian konten foto dan video lewat Instagram Search ini untuk tahap awalnnya akan berlaku untuk kata kunci dalam bahasa Inggris. Dia menjanjikan dukungan untuk bahasa lain akan ditambahkan di kemudian waktu.

Belum diungkapkan kapan fitur ini akan mulai diimplementasikan sehingga pengguna Instagram akan mulai bisa melihat posting foto dan video di hasil pencariannya.

Baca juga: Instagram Ganti Swipe Up dengan Stiker Mulai 30 Agustus

Mosseri turut menjelaskan mekanisme pencarian Instagram yang menurut dia disusun berdasarkan relevansi terhadap pengguna.

Ada tiga kriteria yang dipakai untuk menentukan tingkat relevansi tersebut, yakni kesesuaian dengan kata kunci pencarian, aktivitas pengguna seperti akun dan hashtag mana saja yang diikuti, serta popularitas suatu akun, tagar, atau tempat.



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.