Pengguna Internet China Tembus 1 Miliar

Kompas.com - 30/08/2021, 07:05 WIB
Ilustrasi Internet shutterstockIlustrasi Internet
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Pengguna internet di China terus meningkat dari tahun ke tahun.

Lembaga statistik China Internet Network Information Center (CNNIC) mencatat jumlah pengguna internet di sana sudah menembus angka 1,011 miliar untuk pertama kalinya di dunia.

Angka tersebut tercatat pada Juni 2021 lalu dan meningkat 8 persen dibanding akhir 2020.

Dari jumlah tersebut, sekitar 28 persen pengguna berasal dari kategori usia paruh baya (sekitar 35-45 tahun) dan 50 tahun ke atas. Dua kategori usia ini juga menjadi pengguna internet dengan jumlah terbanyak di China.

Di daerah pedalaman China sendiri, pengguna internet kini mencapai angka 297 juta. Sementara itu, pengguna 5G di sana sudah menyentuh angka 392 juta.

Baca juga: Xiaomi Panen Besar Berkat Pasar Luar China dan Produk IoT

Menurut CNNIC, peningkatan jumlah pengguna internet di Negeri Tirai Bambu didorong oleh pandemi, di mana beragam kegiatan memang dianjurkan untuk dilakukan secara jarak jauh.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sehingga, tak aneh apabila pengguna yang menikmati beragam layanan online pun bakal meningkat drastis, yang berujung pada peningkatan pengguna internet secara keseluruhan.

Layanan online meningkat

Jumlah pengguna internet dan sejumlah layanan online lainnya di China.Shine Jumlah pengguna internet dan sejumlah layanan online lainnya di China.

Berdasarkan data CNNIC, rata-rata pengguna di China kini menghabiskan waktunya di dunia maya sekitar 26,9 jam per minggu. Pengguna yang memanfaatkan aneka layanan pengantaran online, misalnya, kini meningkat 15 persen ke 469 juta.

Lalu, layanan ride-hailing juga meningkat 17 persen ke 395 juta pengguna, diikuti dengan peningkatan pengguna di layanan kesehatan online ke angka 239 juta dan mobile office ke angka 381 juta pengguna.

Halaman:


Sumber Shine
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.